nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kyriakos Mitsotakis Dilantik Menjadi Perdana Menteri Baru Yunani

Agregasi VOA, Jurnalis · Selasa 09 Juli 2019 07:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 09 18 2076379 kyriakos-mitsotakis-dilantik-menjadi-perdana-menteri-baru-yunani-SKJFGPpng5.jpg Kyriakos Mitsotakis dilantik sebagai perdana menteri Yunani. (Foto: Reuters)

POLITIKUS konservatif Yunani, Kyriakos Mitsotakis, dilantik sebagai perdana menteri baru pada Senin 8 Juli 2019. Ia resmi dilantik setelah menang besar atas Perdana Menteri Alexis Tsipras yang berhaluan kiri dalam pemilihan parlemen.

Mengutip dari VOA Indonesia, Selasa (9/7/2019), usai diambil sumpah di istana presiden di Athena dalam upacara yang dipimpin pendeta Orthodox Yunani, Mitsotakis mengatakan, "Hari ini kita memulai kerja keras. Saya sangat percaya pada kemampuan kita untuk melakukan itu."

Baca juga: Aksi Protes Yunani atas Penamaan Makedonia Diwarnai Kekerasan 

Kedatangan Mitsotakis bersama istri dan tiga anaknya ke istana presiden disambut Perdana Menteri Tsipras yang digantikannya, dan yang selama empat tahun menjabat menerapkan langkah-langkah penghematan yang diharuskan berdasar dana talangan untuk mempertahankan Yunani dalam zona euro.

Kyriakos Mitsotakis. (Foto: Costas Baltas/Reuters)

Ketua Komisi Eropa Jean-Claude Juncker mengucapkan selamat kepada Mitsotakis atas kemenangannya, tetapi juga memperingatkan bahwa utang Yunani masih banyak, dan kondisi ekonomi negara itu masih sulit.

Baca juga: Ledakan Bom Guncang Gedung Stasiun Televisi Yunani 

Mitsotakis, lulusan Harvard University di Amerika Serikat, akan memiliki mayoritas 158 kursi di parlemen Yunani dengan 300 anggota. Ia adalah putra mantan perdana menteri, Konstantinos Mitsotakis, adik laki-laki mantan menteri luar negeri, Theodora "Dora" Bakoyanni, dan paman dari Wali Kota Athena yang baru saja terpilih.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini