nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kepala BNPB: Satgas Karhutla Bakal Ditempatkan di Desa Rawan Kebakaran

Antara, Jurnalis · Selasa 09 Juli 2019 23:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 09 610 2076794 kepala-bnpb-satgas-karhutla-bakal-ditempatkan-di-desa-rawan-kebakaran-TNBkuv3o8L.jpg Kepala BNPB, Doni Monardo (foto: Okezone)

PALEMBANG - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengatakan, satuan tugas penanggulangan kebakaran hutan dan lahan akan ditempatkan di desa rawan kebakaran.

"Mereka nantinya bersama masyarakat melakukan pencegahan," kata Doni usai pelepasan Satgas pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan di Palembang, Selasa (9/7/2019).

Bahkan Satgas tersebut, kata Doni, akan mendidik masyarakat untuk dapat memanfaatkan lahan yang rawan terbakar tersebut. "Itu penting mengingat selama ini daerah rawan terbakar mayoritas lahannya kurang produktif," sambungnya.

 Karhutla

Oleh karena itu, kata dia, daerah tersebut perlu dimanfaatkan dengan penanaman pohon yang produktif guna meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu, bagi daerah rawa atau lahan gambut dapat dimanfaatkan untuk memelihara ikan dan ternak.

"Jadi selama mereka membaur dengan masyarakat juga melaksanakan sosialisasi pentingnya pemanfaatan lahan selain memadamkan titik api," tuturnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Sumsel Iriansyah mengatakan, Satgas itu akan ditempatkan di daerah rawan kebakaran.

"Satgas itu akan membaur dengan masyarakat sekaligus melaksanakan sosialisasi pemanfaatan lahan," kata Iriansyah.

 karhutla

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini