nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terjaring OTT, Status Hukum Gubernur Kepri Ditentukan Sore Ini

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Kamis 11 Juli 2019 08:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 11 337 2077393 terjaring-ott-status-hukum-gubernur-kepri-ditentukan-sore-ini-Kf9Mh2BfXT.JPG Gubernur Kepri, Nurdin Basirun yang terjaring OTT KPK (Foto: Instagram)

JAKARTA - Tim Satuan Tugas (Satgas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan enam orang usai menggelar Operasi Tangkap Tangan (OTT) di daerah Kepulauan Riau (Kepri), pada Rabu, 10 Juli 2019, kemarin. Salah satu yang diamankan dalam OTT tersebut yakni, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun.

Selain Nurdin Basirun, tim juga mengamankan Kepala Dinas (Kadis) di bidang kelautan, seorang Kabid, dua staf dinas, dan pihak swasta. Enam orang yang diamankan tersebut akan ditentukan status hukumnya pada sore ini.

"Status hukum perkara dan pihak-pihak yang diamankan akan disampaikan nanti sore melalui konferensi pers di KPK," kata Wakil Ketua KPK, Laode M Syarief melalui pesan singkatnya, Kamis (11/7/2019).

Selain mengamankan enam orang, tim juga menyita uang sebesar 6.000 Dollar Singapura. Diduga, uang tersebut merupakan barang bukti suap terkait izin lokasi rencana reklamasi di Provinsi Kepri.

Gubernur Kepri Nurdin Basirun

Menurut Syarief, uang tersebut bukan pemberian pertama kali yang diduga untuk mengurus izin ‎lokasi rencana reklamasi di Kepri. Pagi ini, para pihak yang diamankan tersebut akan segera diterbangkan ke Jakarta guna pemeriksaan lebih lanjut sebelum ditentukan status hukumnya.

"Sebagaimana diatur dalam Hukum Acara Pidana, maka dalam waktu paling lambat 1x24 jam ini tim akan melakukan kegiatan-kegiatan awal termasuk klarifikasi pada pi‎hak yang diamankan," ujar dia.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini