Share

Pengamat Nilai Kekecewaan PA 212 Lantaran Tak Dilibatkan Pertemuan Prabowo-Jokowi

Sarah Hutagaol, Okezone · Senin 15 Juli 2019 11:44 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 15 605 2078970 pengamat-nilai-kekecewaan-pa-212-lantaran-tak-dilibatkan-pertemuan-prabowo-jokowi-zhaAfUOJlx.jpg Jokowi dan Prabowo bertemu di MRT (Foto: Muchlis Jr/ Biro Pers Kepresidenan)

JAKARTA - Pengamat politik dari LIPI, Siti Zuhro mengatakan belum adanya dialog yang intensif antara Prabowo-Sandiaga dengan para pendukungnya pasca penetapan Mahkamah Konstitusi dan penetapan pemenang Pilpres secara resmi dari KPU, diduga jadi satu alasan kuat mengapa para pendukung Prabowo-Sandiaga, terutama Persaudaraan Alumni (PA) 212, kecewa dengan langkah Prabowo yang bertemu dengan Jokowi di MRT.

“Nah, bagaimana mengelola hubungan dukungan tadi itu antara Prabowo dengan pendukungnya. Itu kan belum dilakukan secara memadai, sehingga muncul pertemuan kemarin. Kan gitu,” ujar Siti Zuhro kepada Okezone, Senin (15/7/2019).

“Hanya sekitar nanti kalau saya ketemu jangan ini, jangan itu. Kan enggak cukup. Karena pelibatan mereka dalam pemilu yang kampanyenya sangat panjang, itu sudah melibatkan hati sanubari mereka. Apalagi perempuan, mereka enggak dibayar. Lah itu yang harus dihormati,” imbuhnya.

Meme Prabowo-Jokowi

Baca Juga: Kecewa dengan Prabowo, PA 212: Kami Sudah Berkorban dengan Nyawa!

Karena itu, Siti Zuhro dapat memahami mengapa para pendukung Prabowo-Sandiaga tersebut dilanda kekecewaan yang mendalam. Pasalnya, pertemuan antara mantan capres dengan Jokowi itu terjadi secara tiba-tiba.

Dia juga menjelaskan jika Prabowo mengkomunikasikan dengan pendukungnya mengenai tujuan-tujuannya bertemu dengan Jokowi, mungkin bisa akan meredam kekecewaan dari pendukungnya.

“Kalau Pak Prabowo bilang dengan cara ini saya bisa memberikan masukan-masukan, dukungan berupa gagasan-gagasan yang disuntikkan di program-program pak Jokowi agar bisa membuat rilis attention, rilis konflik. Tidak sekedar pendekatan psikologis, tapi juga konkret berupa kebijakan-kebijakan yang dieksekusi yang meringankan beban masyarakat,” tutur Siti.

Diberitakan sebelumnya, pertemuan antara Prabowo dengan Jokowi terjadi pada Sabtu, 13 Juli kemarin di Stasiun MRT. Tak hanya menaiki MRT, keduanya pun sempat menyantap makakan bersama di kawasan Senayan.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini