Pidato Politik Jokowi Bakar Semangat untuk Membangun Bangsa

Achmad Fardiansyah , Okezone · Senin 15 Juli 2019 14:54 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 15 605 2079088 pidato-politik-jokowi-bakar-semangat-untuk-membangun-bangsa-1HZTpIivyd.jpg Jokowi saat pidato politik di SICC Bogor (Foto: Ist)

JAKARTA - Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato kemenangannya di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor, Jawa Barat, Minggu 14 Juli 2019 malam. Pidato bertajuk Visi Indonesia itu menuai apresiasi karena membakar semangat membangun bangsa.

Menurut pakar komunikasi dari Lembaga Pemantauan Media Sosial PoliticaWave, Sony Subrata, pidato yang berapi-api menunjukkan Jokowi tegas menolak dan akan menghilangkan penghalang pembangunan Indonesia. Hingga menjadi trending topic di Twitter dengan tagar#VisiIndonesia.

"Sampai jam 23.15 WIB, Trending Topic Indonesia teratas adalah #VisiIndonesia dengan jumlah 14.400 percakapan di Twitter. Mengalahkan semua percakapan lain," kaya Sony melalui keterangan tertulisnya, Senin (15/7/2019).

Baca Juga: Soal Pidato Jokowi "Pengganggu Pancasila", TKN Sorot Kelompok Pro Khilafah

Banyaknya dukungan warganet terhadap pidato politik Jokowi, kata Sony, menandakan kinerja pemerintahan Jokowi berhasil menjangkau semua lapisan masyarakat. Warganet menyelipkan harapan agar Indonesia menjadi negara maju dan bersaing di dunia internasional.

Jokowi-Maruf Amin

Salah satu warganet yang mengapresiasi pidato politik Jokowi pemilik [email protected] Ia menilai pidato politik Jokowi yang berapi-api telah membakar semangat untuk bersama-sama membangun Indonesia.

"He ignites the fire within ourselves and really bring that 'work, work, work!' vibes on the stage. the optimistic and the self-confident of each one of us are the key to make our dream comes true! whatta great victory speech! spell @jokowi ? P-O-W-E-R-F-U-L 😍👌," tulis pemilik akun @meimei9492 lalu ditambahkan tagar. #VisiIndonesia.

Baca Juga: Pidato Visi Indonesia Jokowi Dinilai Lugas dan Lengkap

Jokowi saat menyapa para relawan, simpatisan dan kader partai pendukungnya di SICC Bogor. Ia didampingi sang istri, Iriana dan wakil presiden terpilih Ma'ruf Amin dan istri, Wury Estu Handayani.

Ada lima hal yang diutarakan Jokowi saat menyampaikan visi Indonesia ke depan guna menjadikan Indonesia maju dan sejahtera. Di antaranya, tentang pentingnya toleransi dalam keberagaman Indonesia. Namun, ia dengan tegas menekankan tak toleransi bagi pihak yang mengganggu Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia.

"Kita ini memiliki norma agama, etika, dan tata krama ketimuran. Kita punya budaya yang luhur. Kita harus ingat ini, Pancasila adalah rumah bersama sebagai saudara sebangsa dan se-Tanah Air. Tidak ada toleransi sedikit pun bagi yang mengganggu Pancasila," ujar Jokowi.

Ia juga akan mempermudah perizinan untuk para investor. Bagi yang menghambat, mantan wali kota Solo itu menegaskan, tak akan segan untuk mencopot jabatan oknum tersebut.

"Kita harus mengundang investasi yang seluas-luasnya dalam rangka membuka lapangan pekerjaan. Jangan ada yang alergi terhadap investasi. Dengan cara inilah lapangan pekerjaan akan terbuka sebesar-besarnya," katanya.

"Oleh sebab itu, yang menghambat investasi, semuanya harus dipangkas, baik perizinan yang lambat, berbelit-belit, apalagi ada punglinya! Hati-hati, ke depan saya pastikan akan saya kejar, saya kontrol, saya cek, dan saya hajar kalau diperlukan," imbuhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini