nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebakaran di Hutan Gunung Panderman Meluas, BPBD Tetapkan Tanggap Darurat Bencana

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 22 Juli 2019 11:36 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 22 519 2081914 kebakaran-di-hutan-gunung-panderman-meluas-bpbd-tetapkan-tanggap-darurat-bencana-n0xQZWBPUb.jpg Gunung Panderman terbakar (Foto: Avirista/Okezone)

KOTA BATU - Semakin luasnya area hutan di Gunung Panderman yang terbakar membuat BPBD Kota Batu menetapkan tanggap darurat kebakaran hutan.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim mengatakan status tanggap darurat diambil semakin luasnya area yang terbakar.

"Titik api awalnya hanya tiga sekarang sudah 30-an titik api. Makanya kita tingkatkan status tanggap darurat," ungkap Rochim pada Senin (22/7/2019).

Ia menjelaskan saat ini total area yang terbakar mencapai 17,7 hektar dengan garis keliling ada 1, 82 kilometer. "Total area yang terbakar 17,7 hektar. Itu cukup luas dibandingkan kemarin malam. Saat ini kami masih mencoba memadamkan api," bebernya.

Baca Juga: Gunung Panderman Terbakar, Tim BPBD Cari Pendaki yang Masih di Atas

Selain pemadaman manual dengan mendekati titik api, rencananya pihak BPBD meminta bantuan Lanud Abdul Rachman Saleh untuk pemadaman melalui pesawat TNI AU.

"Jika pemadaman manual tidak optimal, akan kami koordinasikan dengan TNI untuk pinyiraman udara dengan pesawat," pungkasnya.

Gunung Panderman

Sebelumnya pada Minggu malam sekitar pukul 19.45 WIB warga melihat api berkobar di kawasan hutan Gunung Panderman, Kota Batu. Bahkan cahaya api jelas terlihat hingga wilayah Malang.

Tim gabungan dari BPBD, SAR, Polisi, TNI, Ormas, LMDH, dan relawan sendiri baru saja naik untuk mendekati titik lokasi api sekitar pukul 21.30 WIB dari kawasan Toyomerto, Desa Pesanggrahan, Kota Batu.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini