nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebakaran Hutan di Gunung Panderman Kian Meluas

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 22 Juli 2019 22:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 22 519 2082213 kebakaran-hutan-di-gunung-panderman-kian-meluas-azzrqu78Cw.jpg Kebakaran hutan di Gunung Panderman (Foto: Avirista Midaada)

KOTA BATU - Luas area hutan yang terbakar di Gunung Panderman hingga siang tadi semakin meluas ke area selatan bagian bawah dari titik api awal. 

Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Batu Suhartono menyatakan, area yang terbakar merambat ke selatan. 

"Saat ini, titik api menyebar ke selatan dan turun ke bawah dari lokasi awal kebakaran di petak 227 dengan luas sekitar 25 hektare," ujar Suhartono di Pos Pendaki Gunung Panderman, Senin (22/7/2019).

Ia juga menyebut bila titik api saat ini menuju hutan lindung di bagian bawah Gunung Panderman dengan kemiringan sekitar 60 derajat.

"Memang yang di sisi atas sudah mengecil. Tapi api sekarang tapi menuju ke bawah ke hutan lindung," ujarnya.

Baca Juga: Darurat Kebakaran Gunung Panderman, Pemkot Batu Sebut karena Faktor Alam

Pihak tim gabungan masih berusaha untuk membuat sekat supaya area yang terbakar tidak semakin meluas dan memasuki area hutan produksi getah pinus. "Ini baru mau menjalar ke hutan produksi. Kami masih upayakan sekat supaya tidak ke hutan produksi," katanya.

Gunung Panderman

Sebelumnya, pada Minggu malam sekira pukul 19.45 WIB titik api terlihat di hutan Gunung Panderman. Bahkan, karena besarnya titik api dapat dilihat dari wilayah Malang.

Tim gabungan yang terdiri dari BPBD, SAR, polisi, TNI, Perhutani, Ormas, LMDH, dan relawan masih terus berjuang memadamkan api. Hingga Senin pukul 14.45 WIB kepulan asap tampak masih terlihat dari sisi bawah bagian selatan.

Baca Juga: Gunung Panderman Terbakar, Pemadaman Dilakukan Mulai Pagi Ini

BPBD Kota Batu sendiri telah menetapkan status tanggap darurat bencana kebakaran hutan Gunung Panderman karena luasnya area yang terbakar.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini