nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dituduh Praktik Sihir, 4 Anggota Keluarga Tewas Dikeroyok Warga

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 23 Juli 2019 17:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 23 18 2082592 dituduh-praktik-sihir-4-anggota-keluarga-tewas-dikeroyok-warga-H4XhKEqd9o.jpg Ilustrasi Foto/India Today

NEW DELHI - Empat anggota keluarga termasuk dua wanita tewas dikeroyok warga yang menuduh mereka menjalankan praktir sihir di India.

Para korban, semuanya berusia 60-an menurut laporan media setempat, diserang warga setempat menggunakan tongkat di luar rumah mereka pada Sabtu (20/7) malam.

"Ini terkait praktisi okultis (percaya kekuatan gaib) setempat," kata Shashi Ranjan, wakil komisaris distrik Gumla negara bagian Jharkhand, kepada AFP mengutip Gulf News, Selasa (23/7/2019).

Gumla adalah daerah yang hutan sekitar 100 kilometer dari ibu kota kabupaten Ranchi.

"Pasukan tambahan telah berada di desa Siskari sejak pihak berwenang mengetahui insiden itu," tambah Shashi.

"[Penyelesaian kasus] dilakukan secara damai tetapi tidak seorang pun, bahkan yang anggota keluarga selamat dari keluarga, mengatakan sesuatu, mungkin karena takut,” ujar Shashi.

Baca juga: Wanita India Diperkosa 7 Polisi, Kukunya Dicabut saat Ditahan

Baca juga: Menikah Beda Kasta, Pasangan Pengantin Baru di India Diculik di Depan Gedung Pengadilan

Pejabat distrik paling senior mengatakan tidak ada yang ditangkap terkait pengeroyokan tersebut.

Para ahli mengatakan ilmu sihir dan ilmu gaib masih tersebar luas di masyarakat pedesaan miskin di India, terutama di warga suku terpencil.

Lebih dari 2.000 orang—banyak dari mereka perempuan—tewas di India karena dituduh melakukan sihir antara tahun 2000 dan 2012, menurut Biro Catatan Kejahatan Nasional.

Beberapa negara bagian, termasuk Jharkhand, telah memperkenalkan undang-undang khusus untuk menghentikan kejahatan terhadap orang-orang yang dituduh melakukan sihir.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini