nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Jembrana Bali, Ini Penjelasan PVMBG

CDB Yudistira, Jurnalis · Rabu 24 Juli 2019 11:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 24 244 2082887 gempa-magnitudo-4-9-guncang-jembrana-bali-ini-penjelasan-pvmbg-vHvmlpyhvF.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

BANDUNG – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menjelaskan terjadinya gempa bumi di barat daya Jembrana, Bali pada Rabu (24/7/2019) pagi ini, sekira pukul 08.29 WIB.

Berdasarkan informasi dari BMKG, gempa bumi pusat gempa bumi berada pada koordinat 8,98 Lintang Selatan (LS) dan 114,17 Bujur Timur (BT) dengan magnitudo,9 di kedalaman 71 km, berada sekiraa 84 km barat daya Jembrana, Bali.

Menurut GFZ-Postdam Jerman, gempa bumi berpusat pada koordinat 8,80 LS dan 114,17 BT dengan magnitudo 5,1 di kedalaman 113 km.

"Pusat gempa bumi berada di laut sebelah barat daya Pulau Bali, daerah terdekat dengan pusat gempa bumi tersusun oleh batuan karbonat berumur tersier dan batuan gunungapi berumur kuarter," kata Kepala PVMBG Kasbani, saat dikonfirmasi.

Ilustrasi

Pada batuan yang telah mengalami pelapukan, belum kompak dan bersifat lepas akan memperkuat efek guncangan gempa sehingga akan lebih terasa.

Penyebab gempa berdasarkan posisi dan kedalamannya, diperkirakan gempa ini berasosiasi dengan aktivitas zona Subduksi antara Lempeng Eurasia dan Lempeng Indo-Australia.

"Gempa ini dirasakan di daerah Kuta IV MMI, Denpasar, Banyuwangi, dan Jember III MMI, Gianyar, Tabanan, Amlapura dan Lombok Utara II MMI. Hingga tanggapan ini dibuat, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan yang diakibatkan gempa tersebut," ucapnya.


Baca Juga : Gempa Bermagnitudo 4,9 Guncang Jembrana Bali

Gempa bumi ini tidak menimbulkan tsunami karena tidak menimbulkan dislokasi dasar laut.

Masyarakat diimbau tetap tenang, mengikuti arahan dan informasi dari pemerintah daerah dan BPPD setempat, serta tidak terpancing isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.

"Masyarakat juga tetap waspada dengan kejadian gempa susulan," katanya.


Baca Juga : Gempa Bermagnitudo 6,0 Guncang Nusa Dua Bali

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini