nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BNPB: Tidak Ada Korban Jiwa Akibat Erupsi Tangkuban Parahu

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Sabtu 27 Juli 2019 08:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 27 525 2084261 bnpb-tidak-ada-korban-jiwa-akibat-erupsi-tangkuban-parahu-BrekbsDqJB.jpg Kawah Ratu Gunung Tangkuban Parahu. (Foto: Sindo)

JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan bahwa situasi sudah kondusif pascaerupsi Gunung Tangkuban Perahu. Hal itu sebagaimana mereka informasikan melalui akun Twitter resmi BNPB.

Dalam tautannya, BNPB menyebutkan hingga saat ini tidak ada korban jiwa maupun luka-luka serius usai erupsi Gunung Tangkuban Parahu pada Jumat 26 Juli 2019 sore.

Baca juga: Tangkuban Parahu Erupsi, Sandiaga Imbau Utamakan Keselamatan dan Tidak Panik 

"Pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menginformasikan wilayah yang terdampak sekitar radius 500 meter dari kawah. Hingga kini tidak ada informasi mengenai korban jiwa maupun luka-luka serius pascainsiden," tulis akun @BNPB_Indonesia, Sabtu (27/7/2019).

Kendati demikian, terdapat 15 wisatawan yang terkena sesak napas. Belasan orang tersebut pun kini sudah dievakuasi ke Sekolah Staf dan Pemimpin (Sespim) Polri di Lembang.

Baca juga: Arahan Jokowi untuk Warga Sekitar Gunung Tangkuban Parahu: Ikuti Aparat! 

Guna mengantisipasi risiko yang lebih buruk, BNPB mengimbau pemerintah setempat melarang aktivitas di sekitar kawasan wisata gunung, serta menjaga jarak radius 2 kilometer dari kawah gunung dan permukiman 7 km dari kawah.

"Aparat pemerintah telah mengevakuasi pendaki dan pengunjung yang berada di kawasan wisata gunung. Siapa pun tidak diperbolehkan menginap di dalam kawasan kawah aktif," papar BNPB.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini