Nasdem Serahkan Kursi MPR ke PDI Perjuangan

Muhamad Rizky, Jurnalis · Sabtu 27 Juli 2019 12:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 27 606 2084321 nasdem-serahkan-kursi-mpr-ke-pdi-perjuangan-Exh85ejLkK.jpg Ketua DPP Nasdem, Effendy (foto: Rizki/Okezone)

JAKARTA - Sejumlah partai politik sudah tak malu-malu lagi menyatakan keinginannya untuk menduduki kursi pimpinan MPR RI. Belakangan sudah ada enam parpol yang menginginkan kursi itu yakni PKB, Golkar, PDIP, PPP, Gerindra dan PAN.

Ketua DPP Nasdem Effendy Choirie, menyadari bahwa kursi MPR merupakan sebuah 'lahan' yang bisa diperebutkan setiap parpol. Namun secara moral menurutnya lebih baik kursi tersebut diberikan kepada PDI Perjuangan sebagai pemenang pemilu.

"Moral Nasdem memberikan kepada partai pemenang selain beri ketua DPR RI," kata Choirie saat diskusi dalam di acara Populi Center dan Smart FM Network bertajuk 'Meraba Langkah Kuda Mega dan Surya' di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (27/7/2019).

 Baca juga: Tak Elok Parpol Koalisi Jokowi-Ma'ruf Masih Bermanuver Soal Kursi Pimpinan MPR

Kecuali kata Dia, PDI Perjuangan menyatakan dirinya tidak menginginkan posisi tersebut baru parpol lain bisa mendiskusikan siapa yang tepat untuk mengisi kursi MPR.

"Saya kira kita (harus) memberi kesempatan kepada partai pemenang itu seharusnya kita punya moral politik beri kesempatan dulu ke PDI Perjuangan," ungkapnya.

Sebagai partai pemenang menurut Choirie, layak untuk mendapatkan 'keuntungan' lebih dalam konteks politik.

"Karena menjadi pemenang itu kan susah oleh karena itu dia dapat insentif yang lebih itu logis," tambahnya.

 Baca juga: Cak Imin Serahkan Kursi Pimpinan MPR ke Parpol Koalisi

Untuk itu dirinya mengharapkan agar parpol koalisinya yang lain mengikuti Nasdem untuk memberikan kesempatan kepada PDI Perjuangan mengisi kursi pimpinan MPR.

"Berharap juga nantinya koalisiemberi kesempatan kalau ditolak itu baru di diskusikan," tukasnya.

(wal)

Berita Terkait

Pemilihan Legislatif

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini