Kebakaran Lahan Perusahaan Sawit di Siak Teratasi Setelah Diguyur Hujan

Banda Haruddin Tanjung, Okezone · Senin 29 Juli 2019 16:34 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 29 340 2085038 kebakaran-lahan-di-area-perusahaan-sawit-di-siak-teratasi-setelah-diguyur-hujan-cQmRrrtBv8.jpg Ilustrasi Kebakaran Hutan (foto: Okezone)

PEKANBARU - Kebakaran lahan di perkebunan sawit milik perusahaan Ada PT Wahana Sawit Indah yang berbatasan dengan perusahaan PT Sawit Makmur dan PT Citra di Desa Sri Gemilang Kecamatan Koto Gasip Kabupaten Siak, Riau mulai bisa ditangani. Ini setelah di lokasi kebakaran diguyur hujan.

Kepala Operasi Manggala Agni Kabupaten Siak, Ihsan Abdilah mengatakan, tim Satgas Udara dan Satgas Darat Karhutla sangat terbantu dengan adanya hujan yang terjadi pada 28 Juli 2019. Namun, masih ada tim yang melakukan pemadaman di Desa Sri Gemilang.

Baca Juga: Perusahaan Sawit di Siak Terbakar, Heli Water Bombing Dikerahkan 

"Pemadaman kebakaran di Koto Gasip masih kita lanjutkan. Kebakarannya sudah jauh berkurang, karena dibantu hujan yang cukup deras kemarin, walau durasinya tidak lama," kata Ihsan kepada Okezone, Senin (29/7/2019).

Saat ini sebagian tim terkonsentrasi melakukan pemadaman di daerah Kecamatan Dayun. Kebakaran juga terjadi di areal perkebunan kelapa sawit. Ihsan menjelaskan, kebakaran di daerah Dayun sebelumnya sudah berhasil diatasi. Namun tidak berapa lama, ada lagi oknum yang tidak bertanggungjawab pembakaran.

"Sekarang tim pemadaman melakukan kegiatan di Dayun. Kalau yang di Dayun bukan lahan perusahaan tapi perorangan," tuturnya.

Dia menjelaskan, satu helikopter yang selama beberapa hari ini melakukan pemadaman water bombing (bom air) di Koto Gasip, digeser ke wilayah Dayun. "Helikopter yang diperbantukan melakukan pemadaman di Dayun bergabung dengan Satgas Darat," sambungnya.

Baca Juga: Kebakaran Hutan, Riau Berpotensi Kirim Asap ke Malaysia dan Singapura 

Kebakaran di Koto Gasip sudah berlangsung lebih dari satu pekan. Penanggungjawab kebakaran hutan dan lahan adalah Gubernur Riau, Syamsuar. Mantan Bupati Siak dua priode ini merupakan Komandan Satgas Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) Riau.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini