nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kepergok Lobangi Tembok Rutan, 5 Napi "Dibuang" ke Sel Isolasi

Bramantyo, Jurnalis · Kamis 01 Agustus 2019 12:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 01 512 2086330 kepergok-lobangi-tembok-rutan-5-napi-dibuang-ke-sel-isolasi-KQqv5XelAq.jpg Foto Ilustrasi shutterstock

SOLO - Lima orang tahanan terpaksa dimasukan ke dalam ruang isolasi karena mencoba kabur dari Rumah Tanahan (Rutan) klas IA Solo, Jawa Tengah. Kelima tahanan itu mencoba melarikan diri dengan cara melobangi tembok di dalam kamar sisi timur.

Kepala Pengamanan Rutan Kelas IA Surakarta, Andi Rahman membenarkan adanya kejadian tersebut. Beruntung petugas mencium aksi tersebut dan aksi mereka berhasil digagalkan.

"Aksi tersebut diketahui saat petugas rutan sedang melakukan sidak, dan menemukan lubang berukuran sekitar 1 x 1 meter di tembok sisi timur," kata Andi kepada wartawan, Kamis (1/8/2019).

 Baca juga: Remaja Ini Berhasil Kabur dari Lapas Sragen, Lompati Pagar Setinggi 3 Meter

Kata Andi, para tahanan menggunakan tongkat (alat bantu jalan) salah satu warga binaan untuk melubangi tembok.

"Mereka masing-masing punya peran berbeda, ada yang melubangi tembok, ada yang mengawasi pintu, juga ada yang bertugas membuang sisa puing tembok di tempat sampah," lanjutnya.

Ditambahkan Andi, kamar tahanan tersebut berisi 52 orang warga binaan. Lima orang tersebut merupakan tahanan titipan dari Kejaksaan.

 Baca juga: Sipir Ketiduran, Dua Tahanan Polsek Kuta Selatan Kabur

Saat ini kelima napi tersebut sedang menjalani hukuman di sel isolasi selama dua pekan. Selain itu, mereka juga diberikan sanksi administrasi Register F. Artinya, hak mereka untuk mendapat remisi tidak akan diberikan setelah kasus mereka ingkrah.

"Saat ini mereka berada di dalam sel isolasi. Meraka juga diberikan sanksi administrasi Register F. Artinya, hak mereka untuk mendapat remisi tidak akan diberikan setelah kasus mereka inkrah," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini