Kebakaran di Gunung Arjuno Meluas hingga 300 Hektare

Avirista Midaada, Okezone · Kamis 01 Agustus 2019 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 01 519 2086462 kebakaran-di-gunung-arjuno-meluas-hingga-300-hektare-1BbF62tmWe.jpeg Gunung Arjuno (Foto: Ist)

KOTA BATU - Kencangnya angin yang bertiup membuat kebakaran hutan di Gunung Arjuno, Jawa Timur kian meluas. Bahkan, luas area yang terbakar mencapai ratusan hektare.

Kepala Seksie Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim menyatakan, luas area hutan yang terbakar mencapai sekitar 300 hektare.

"Berdasarkan informasi dari rekan - rekan Pos Pantau luasan hutan yang terbakar diperkirakan mencapai kurang lebih 300 hektare," ujar Rochim pada Kamis (1/8/2019) sore.

Baca Juga: Pendakian ke Gunung Arjuno Masih Ditutup

Luasan area yang terbakar membuat BPBD telah menetapkan status tanggap darurat bencana kebakaran hutan Gunung Arjuno. "Memang berdasarkan luasnya area yang terbakar kami telah menetapkan masuki tanggap darurat sejak kemarin," lanjut Rochim.

Gunung Arjuno

Ia menambahkan, bara api dari kayu dan akar pohon yang terbakar masih terus dipantau untuk mengantisipasi munculnya titik api baru kembali.

Di sisi lain Kasi Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat Tahura R. Soerjo, Dedi Hadiana mengungkapkan, sulitnya medan yang berada di lereng tebing menjadi tim gabungan susah memadamkan api.

"Titik api yang terbakar di sisi barat di Sumberbrantas, Kota Batu pada ketinggian 2.800 mdpl. Kemiringannya juga curam hingga 60 derajat. Di lokasi angin juga bertiup kencang sehingga api cepat membesar dan menyebar," ujar Dedi.

Baca Juga: Padamkan Kebakaran Gunung Arjuno, BPBD Siapkan Water Bombing

Sebelumnya, kebakaran hutan menghanguskan kawasan puncak Gunung Arjuno sisi barat telah berlangsung sejak Minggu 28 Juli 2019. Namun api sempat padam Senin 29 Juli dan kembali membesar sehari setelahnya.

Bahkan, api dilaporkan merambat hingga lebih dari 100 hektar lahan hutan konservasi di Taman Hutan Rakyat (Tahura) R. Soerjo.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini