nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Status Gunung Tangkuban Parahu Waspada, BPBD dan SAR Siap Siagakan Pasukan

CDB Yudistira, Jurnalis · Jum'at 02 Agustus 2019 14:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 02 525 2086872 status-gunung-tangkuban-parahu-waspada-bpbd-dan-sar-siap-siagakan-pasukan-JNo7aBmliN.jpg Kawah Gunung Tangkuban Parahu

BANDUNG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat (Jabar) terus lakukan pemantauan Gunung Tangkuban Parahu, setelah Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang menjadi Waspada.

"Kita terus pantau dan kordinasi bersama dengan PVMBG," ujar Pusdalops BPBD Jabar, Budi Budiman, saat dikonfirmasi melalui sambungan telefon, Jumat (2/8/2019).

Budi mengatakan pihaknya masih menunggu arahan kembali dari pihak PVMBG dalam penanganan ke depannya.

Tangkuban Parahu

Sementara itu, Kantor SAR Bandung pun telah bersiaga jika diperlukan dalam evakuasi penanganan gunung Tangkuban Parahu. Sarana prasarana personel maupun peralatan telah siap. Bahkan kantor SAR Bandung pun telah menyiapkan tim reaksi cepat.

"Baik peralatan dan personel kita sudah siap jika memang diperlukan. Kita juga siapkan tim reaksi cepat sebanyak 24 personel, yang siap kapanpun," kata juru bicara kantor SAR Bandung, Joshua Banjarnahor, saat dihubungi di waktu yang sama.

Gunung Tangkuban Parahu kembali menunjukan aktivitasnya. Pada Kamis 1 Agustus 2019 malam hari kemarin sekitar pukul 20.46 WIB.

Baca Juga: Status Gunung Tangkuban Perahu Naik Level Jadi Waspada

Ketinggian kolom abu teramati kurang lebihnya 180 meter dari dasar kawah. Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah utara dan timur. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 50 mm dan durasi 11 menit 23 detik.

PVMBG pun telah menaikan tingkat aktivitas Gunung Tangkuban Parahu dinaikkan dari Level 1 (Normal) menjadi Level II (Waspada).

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini