nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lampu Merah Mati, Polres Bandung Kerahkan 200 Personel Atur Lalin

CDB Yudistira, Jurnalis · Minggu 04 Agustus 2019 15:35 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 04 525 2087504 lampu-merah-mati-polres-bandung-kerahkan-200-personel-atur-lalin-Kf0HYY5oj1.jpg 200 polisi di Bandung dikerahkan untuk atur lalin imbas lampu merah mati (Foto: CDB/Okezone)

BANDUNG - Satlantas Polrestabes Bandung menurunkan 200 personel guna melakukan pengaturan lalu lintas di seluruh simpang utama yang ada di jalanan Kota Bandung karena lampu merah mati akibat padamnya listrik di Jabodetabek hingga Bandung.

"Ini dampak dari padamnya traffic light, karena adanya pemadaman listrik di wilayah Bandung Raya," ujar Kasat Lantas Polrestabes Bandung Kompol Bayu Catur Prabowo, saat di temui di Mapolrestabes Bandung, Minggu (4/8/2019).

Bayu menuturkan, dampak dari padamnya traffic light tersebut lantaran terjadi penumpukan kendaraan di beberapa titik seperti Jalan Merdeka, Pasteur, Wastukencana, Jalan Riau dan Cipaganti serta Surya Sumantri.

"Kita sudah tempatkan beberapa personel, guna lakukan pengaturan manual," katanya.

Ilustrasi

Seperti diketahui, terjadi pemadaman serentak di wilayah Bandung Raya. Bahkan informasi yang diterima, pemadam hampir menyeluruh hingga Jakarta.

Hal itu disebabkan Gas Turbin 1 sampai dengan 6 Suralaya mengalami trip, sementara Gas Turbin 7 saat ini dalam posisi mati (Off). Selain itu Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon juga mengalami gangguan atau trip.

Gangguan ini mengakibatkan aliran listrik di Jabodetabek mengalami pemadaman.

“Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk pemadaman yang terjadi, saat ini upaya penormalan terus kami lakukan, bahkan beberapa Gardu Induk sudah mulai berhasil dilakukan penyalaan," ujar Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka, dalam rilis yang diterima.

Lalin di Bandung macet imbas lampu merah mati (Foto: CDB/Okezone)

Baca Juga: Listrik di Jabodetabek Padam, Lampu Merah Ikutan Mati

Di Jabar, terjadinya gangguan pada Transmisi SUTET 500 kV mengakibatkan padamnya sejumlah wilayah diantaranya Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi dan Bogor.

“Sekali lagi kami mohon maaf dan pengertian seluruh pelanggan yang terdampak akibat gangguan ini, kami berjanji akan melakukan dan mengerahkan upaya semaksimal mungkin untuk memperbaiki sistem agar listrik kembali normal," ucapnya.

Adapun langkah yang telah dilakukan PLN di antaranya Sudah dilaksanakan pengamanan GSW yang putus, dan penyalaan kembali GT di Suralaya.

Ilustrasi

Kemudian dilaksanakan scanning assesmen kondisi GSW yang se-type serta pengaturan beban dari UP2B untuk meminimalisir pemadaman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini