nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makna Kurban Bagi Anies Baswedan

Muhamad Rizky, Jurnalis · Minggu 11 Agustus 2019 10:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 11 338 2090459 makna-kurban-bagi-anies-baswedan-bhow7jnBFe.jpg Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Rizky/Okezone)

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memaknai hari raya Idul Adha 1440 H atau hari raya kurban sebagai kemauan untuk berbagi dan bentuk ketaqwaan kepada Allah SWT. Hal itu tercermin dalam keluarga Nabi Ibrahim SAW.

"Kami ingin mengajak kepada semuanya idul kurban ini adalah peringatan tentang kemauan kita untuk memberikan kepada yang kurang, kemauan kita untuk bisa mendidik dan membangun keluarga yg memiliki ketaqwaan keimanan seperti keluarga Nabi Ibrahim," kata Anies usai menyerahkan hewan kurban di Masjid Fatahillah, Balaikota DKI Jakarta Jumat, (11/8/2019).

Menurut Anies kisah tentang keteladanan Nabi Ibrahim yang taat untuk melaksanakan perintah Allah SWT untuk menyembelih putranya Nabi Ismail sebagai keberhasilan dalam mendidik keluarga.

"Karena perintah untuk mengurbankan anak adalah perintah yang harus dilaksanakan dengan keimanan, dan anak yang usia belia seperti Ismail dan kemudian menerima perintah itu merupakan cermin keberhasilan pendidikan orang tuanya mudah-mudahan jadi peringatan dan hikmah dalam kita merayakan Idul Adha ini," tambahnya.

Anies

Baca Juga: Ajak Keluarga, Anies Serahkan Sapi 1,2 Ton ke Masjid Fatahillah Balaikota

Adapun dalam perayaan hari raya Idul Adha tahun ini Pemprov DKI Jakarta mengumpulkan sebanyak 189 ekor sapi, 306 kambing, dan 1 ekor kerbau. Nantinya hewan kurban tersebut akan dibagikan kepada seluruh masyarakat Jakarta.

Sebelumnya Anies juga mmengatakan pihaknya akan mendistribusikan daging hewan kurban tersebut dalam bentuk siap saji kepada masyarakat. Nantinya daging itu akan diracik oleh koki atau chef dari hotel berbintang.

"Tahun ini kami akan bekerja sama untuk menyiapkan daging kurban kepada mereka yang berhak, bukan dibagi mentah. Tapi makanan siap saji yang dimasak chef hotel berbintang," kata Anies usai menghadiri Kongres Diaspora Indonesia ke-5 di Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (10/9/2019).

Anies menuturkan, pembagian daging kurban siap saji kepada mustahik dilakukan agar masyarakat dapat merasakan makanan bercita rasa hotel berbintang. Pemprov DKI, kata dia, bekerja sama dengan lembaga filantropi dan beberapa hotel untuk merealisasikan ini.

Adapun lembga filantropi dan hotel yang bekerja sama dengan Pemprov DKI dalam program 'Dapur Kurban' ini yakni Rumah Zakat, Aksi Cepat Tanggap (ACT), Hotel Borobudur, Hotel Dharmawangsa, Hotel Santika, dan Hotel Aston. Asosiasi Profesi Keamanan Pangan Indonesia juga terlibat.

"Jadi mereka menyiapkan para chef-nya," ungkap Anies.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini