nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diselimuti Kabut Asap, Warga Riau Salat Minta Hujan

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Senin 12 Agustus 2019 13:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 12 340 2090847 diselimuti-kabut-asap-warga-riau-salat-minta-hujan-wBGGpBWfRT.jpg Warga Riau salat minta hujan agar Karhutla bisa berhenti (Foto: Banda/Okezone)

PEKANBARU - Sebanyak ratusan warga Kabupaten Siak, Riau, bersama Pemda, TNI dan Polri menggelar solat Istisqa atau salat minta hujan. Kegiatan keagamaan ini dilakukan berharap agar Allah menurunkan hujan hingga bisa memadamkan api yang membakar hutan dan lahan dan berakibat kabut asap tebal di lingkungan mereka.

Mereka melaksanakan Salat Istisqa di depan Istana Siak, Kota Siak Sri Indrapura. Kegiatan ini dihadri Bupati Siak Alfedri, Kapolres Siak AKBP David, Danramil 03 Siak Mayor Inf Suratno dan lainnya.

Dalam solat minta hujan ini, puluhan siswa yang mengenakan baju pramuka juga dilibatkan. Bertindak sebagai Khatib dalam kegaiatan keagamaan ini adalah Ustad Toto Setyo dan Imam, Muktar Abdul Karim dari Imam Besar Mesjid Islamic Center.

Ilustrasi kabut asap

"Kita memohonkan kepada Allah SWT agar diturunkan hujan dan jauhkan lah dari bencana," kata Uztad Toto Senin (12/8/2019).

Baca Juga: Palangka Raya Diselimuti Asap Kebakaran Hutan, Sekolah Diliburkan

Sementara itu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melansir hari ini terdeteksi sebanyak 156 titik panas (hot spot). Terbanyak di Kabupaten Pelalawan dengan 40 titik.

"Di Kabupaten Siak terpantau 29 titik panas," kata Prakirawan BMKG Pekanbaru, Yasir.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini