nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wiranto Pastikan Keamanan WNI yang Terjebak di Bandara Hong Kong

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 13 Agustus 2019 18:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 13 18 2091474 wiranto-pastikan-keamanan-wni-yang-terjebak-di-bandara-hong-kong-yaU7SELF5a.jpg Menko Polhukam, Wiranto (foto: Okezone)

JAKARTA - Menko Polhukam Wiranto memastikan pemerintah melalui Konsulat Jenderal (KJRI) di Hong Kong akan terus memantau perkembangan sekitar 40 Warga Negara Indonesia (WNI) yang terjebak demo di Bandara Internasional Hong Kong.

"Kita ini kan seperti yang dikatakan negara melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia, itu sudah menjadi kewajiban pemerintah," kata Wiranto di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (13/8/2019).

 Baca juga: Jurnalis Tanya Pemimpin Hong Kong Carrie Lam: Kapan Anda Mati?

Wiranto mengatakan, pemerintah akan melakukan tindakan yang terbaik kepada puluhan WNI yang terjebak di bandara massa yang membludak tersebut. Para WNI juga telah diminta untuk menjauhi bandara.

"Mengenai langkah-langkahnya nanti secara sistematis secara teori akan memberikan yang terbaik. Kita tidak akan membiarkan warga negara kita walaupun di luar negeri mendapatkan kondisi yang membahayakan mereka," tandasnya.

Hong Kong

 Baca juga: Kendaraan Militer China Konvoi Menuju Kota Dekat Hong Kong

Sebelumnya, KJRI telah meminta WNI yang terjebak demo untuk tetap tenang. Para WNI itu disarankan untuk menunggu sampai moda transportasi berjalan normal kembali. KJRI mengonfirmasi bahwa otoritas bandara Hong Kong telah membatalkan penerbangan ke luar Hong Kong untuk jadwal penerbangan sore hingga malam ini.

Selain penerbangan, KJRI memaparkan demonstrasi yang terjadi di bandara juga membuat sejumlah moda transportasi dari dan menuju bandara terganggu. Sebagian penumpang pesawat bahkan terpaksa berjalan kaki untuk menuju bandara.

Dalam pernyataannya, KJRI juga mengimbau WNI yang telah memiliki rencana pergi atau keluar dari Hong Kong dalam beberapa hari ke depan untuk mengecek kembali jadwal penerbangan.

 Hong Kong

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini