nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pelaku Pembunuhan Brigadir Anumerta Hedar Diketahui KKSB Pimpinan Yambimayu Telengen

Saldi Hermanto, Jurnalis · Selasa 13 Agustus 2019 13:46 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 13 340 2091302 pelaku-pembunuhan-brigadir-anumerta-hedar-diketahui-kksb-pimpinan-yambimayu-telengen-PTKwuQxQWd.jpg Kepala Kepolisian Sektor Ilaga, Iptu Manase Sayori (foto: Saldi Hermanto/Okezone)

TIMIKA – Kepala Kepolisian Sektor Ilaga, Iptu Menase Sayori mengatakan, pelaku penyanderaan terhadap Brigadir Anumerta Hedar yang berujung pembunuhan dengan cara ditembak, pada Senin 12 Agustus 2019 di Kampung Usir, merupakan KKSB yang bermarkas di Distrik Sinak, Kabupaten Puncak, Papua di bawah pimpinan Yambimayu Telengen.

Menurut Menase, pihaknya sejauh ini telah melakukan komunikasi secara baik mulai bersama masyarakat, tokoh adat dan semua unsur termasuk KKSB setempat. Hanya saja, kata dia, KKSB yang melakukan penyederaan dan berujung pembunuhan terhadap Brigadir Hedar bukanlah kelompok yang selama ini berada di Ilaga, Ibu Kota Kabupaten Puncak.

Baca Juga: Ini Sosok Briptu Anumerta Hedar yang Dibunuh Anggota KKSB 

“Jadi ini kelompok dari Sinak dan Yambil yang masuk ke Ilaga, kemudian terjadi masalah kemarin. Ini kelompok Yambimayu, pimpinannya Yambimayu Telenggen, markas mereka di Sinak,” kata Menase di Timika, Kabupaten Mimika, Papua usai mengikuti prosesi pelepasan jenazah Brigadir Hedar di Bandara Mozes Kilangin Timika untuk kemudian diberangkatkan ke Makassar, Selasa (13/8/2019).

Menase meyakini, situasi di Kabupaten Puncak hingga saat ini masih terbilang aman. Bahkan, iya juga meyakini kalau Ibu Kota Ilaga bukanlah tujuan dari kelompok pimpinan Yambimayu Telenggen dalam hal upaya mengganggu stabilitas keamanan di wilayah itu.

Saat ditanya apakah kelompok ini dalam melakukan aksi penyenderaan yang berujung pembunuhan terhadap Brigadir Hedar merupakan upaya untuk menganggu pelaksanaan 17 Agustus di Kabupaten Puncak, Menase mengatakan bahwa hal itu bukan menjadi tujuan utama KKSB tersebut.

“Tidak, saya yakin tidak, ada tempat lain yang mereka tuju. Ini tidak ada kaitan dengan 17 Agustus. Kelompok ini baru satu minggu masuk Ilaga,” ujarnya.

Dari informasi yang diperoleh, Brigadir Hedar diketahui kerap menjalin komunikasi secara baik bersama KKSB setempat. Hal itu diakui Iptu Menase lantaran Kepolisian terus melakukan upaya persuasif untuk bagaimana caranya kelompok ini bisa kembali ke pangkuan NKRI.

Baca Juga: Briptu Hedar Tewas Dibunuh Anggota KKSB, Wiranto: Kita Lanjutkan Operasi! 

“Iya. Informasi yang kami dapat seperti begitu. Ini sudah hampir 2 tahun mereka di Puncak, mereka sudah saling kenal antara almarhum dengan TBO kelompok dari saudara-saudara itu,” tuturnya.

Atas peristiwa kemarin, Senin (12/8/2019) yang menewaskan Brigadir Hedar di Kampung Usir, gabungan personel dari Unit Reskrim Polsek Ilaga dan Satuan Reskrim Polres Puncak Jaya pagi tadi telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Bahkan, terdapat penebalan pasukan baik dari Timsus bersama Brimob Polda Papua kurang lebih 20-30 personel.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini