nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sempat Diguyur Hujan Lebat, Kabut Asap Masih Menyelimuti Kalbar

Ade Putra, Jurnalis · Rabu 14 Agustus 2019 02:56 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 14 340 2091584 sempat-diguyur-hujan-lebat-kabut-asap-masih-menyelimuti-kalbar-YPE8geJq4y.jpg Kabut asap masih menyelimuti Kalimantan Barat meski telah diguyur hujan lebat (Foto: Ade/Okezone)

KUBU RAYA - Hingga saat ini kabut asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sejumlah wilayah di Kalimantan Barat masih tebal. Meski hujan sudah mengguyur sejumlah lokasi sejak Selasa (13/8/2019) sore.

“Hujan turun dengan intensitas lebat berdurasi singkat disertai angin kencang berdurasi singkat. Berdasarkan laporan, juga terjadi angin puting beliung di wilayah Sungai Ambawang,” ungkap Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Supadio Pontianak, Sutikno.

Sutikno mengatakan, hujan baru turun di sebagian kabupaten kota. Yakni, Kabupaten Kapuas Hulu, Bengkayang, Landak, Sambas dan Kubu Raya serta Kota Pontianak.

Kabut asap di Kalimantan

“Diprakirakan hujan akan meluas ke wilayah Kalbar lainnya hingga satu pekan ke depan dengan intensitas ringan sedang hingga lebat,” katanya.

Dia menambahkan, sehubungan dengan mulai turunnya hujan diprakirakan hingga beberapa hari ke depan, maka masih perlu diwaspadai potensi terjadinya hujan lebat yang bisa disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat. Terutama pada siang hingga sore hari.

Baca Juga: Jejak Tapir Korban Karhutla Hebohkan Warga Inhu Riau

"Sehubungan dengan belum meratanya curah hujan, Stasiun Meteorologi Kelas I Supadio Pontianak tetap mengimbau agar tidak melakukan aktifitas pembakaran hutan dan lahan,” imbaunya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini