nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lahan di Sumsel Kembali Terbakar, Ratusan Hektare Hangus dalam Semalam

Melly Puspita, Jurnalis · Rabu 14 Agustus 2019 14:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 14 610 2091799 lahan-di-sumsel-kembali-terbakar-ratusan-hektare-hangus-dalam-semalam-L8WLe2QWue.jpg Kebakaran Lahan di Banyuasin (Foto: Ist)

PALEMBANG - Ratusan hektar lahan gambut yang berada di dusun V dan IV Desa Muara Medak Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin terbakar. Dari informasi yang didapat, kebakaran ini sudah terjadi semenjak Selasa 13 Agustus kemarin namun hingga saat ini Rabu, (14/08/2019) api belum bisa dipadamkan.

Tim dari TNI, Polri, Manggala Agni serta BPBD berjibaku memadamkan api baik melalui pemadaman darat maupun udara. Bahkan dari video yang diberikan oleh BPBD Sumsel, asap sudah mengepul pekat akibat kebakaran lahan tersebut.

Menurut Ansori, Kepala Bidang (Kabid) Penanganan Kedaruratan BPBD Sumatera Selatan kebakaran lahan ini terdekteksi melalui patroli udara. Tiga unit water bombing diterjunkan untuk membantu proses pemadaman dari udara.

Kebakaran Hutan

"Patroli kemarin kawasan milik lahan masyarakat atau di luar konsesi perusahaan, dan informasi terakhir masuk ke wilayah perkebunan, saat ini sudah dilakukan pemadaman oleh 3 unit helikopter (water bombing) dan tim pemadaman darat," ucap Ansori.

Diketahui, hotspot di Sumatera Selatan pada bulan Juli 2019 terdekteksi ada 156 titik, namun jarak pandang di wilayah Sumsel ini masih batas aman karena berkisar 1 KM.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan mencatat seluas 583 hektare lahan terbakar sejak awal 2019 lalu. Keterbatasan peralatan pemadaman dan sulitnya sumber air menyebabkan kebakaran lahan masih ditemukan di Kabupaten Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini