nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mahasiswa Papua Bentrok dengan Warga saat Demo di Malang, Ini Penjelasan Polisi

Avirista Midaada, Jurnalis · Kamis 15 Agustus 2019 13:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 15 519 2092208 mahasiswa-papua-bentrok-dengan-warga-saat-demo-di-malang-ini-penjelasan-polisi-1NKgfyqE65.jpg Bentrokan Sekelompok Mahasiswa dengan Warga di Kota Malang (foto: Avirista M/Okezone)

MALANG - Bentrokan terjadi antara sejumlah mahasiswa Papua dengan warga setempat di Kota Malang, diduga dilatarbelakangi tuntutan memerdekakan diri yang disampaikan memperingati perjanjian Amerika dan Indonesia.

Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri menyatakan massa dari Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) sempat menyuarakan orasi untuk memerdekakan diri dari Indonesia sehingga mengganggu kenyamanan warga setempat.

Baca Juga: Mahasiswa Papua Bentrok dengan Warga Malang 

"Dari bahasa orasinya memang mengganggu persatuan dan kesatuan sehingga kami bubarkan. Sempat terjadi aksi lempar - lemparan juga antara massa AMP dengan warga yang tidak setuju," ungkap Asfuri kepada wartawan, Kamis (15/8/2019).

Bentrokan Mahasiswa Papua dengan Warga di Malang (foto: Avirista M/Okezone)	 

Dia mengaku, Polres Malang Kota tak mengeluarkan izin aksi yang dilakukan sekelompok mahasiswa Papua yang berada, lantaran tidak adanya penanggung jawab dan tujuan aksi.

"Kita pernah mengizinkan, siapapun yang mau aksi memberitahukan kemudian polisi menerbitkan surat tanda terima. Namun kemarin mereka tidak kita terbitkan itu. Mereka tidak mencantumkan penanggung jawab dan tujuan aksi," terangnya.

Menurutnya, bilamana tidak ada kejelasan informasi dan melanggar ketentuan penyampaian pendapat di publik maka kepolisian berhak melakukan tindakan tegas.

"Kalau terbukti melanggar aturan hukum maka harus kita tindak tegas," bebernya.

Sebelumnya bentrokan antara mahasiswa Papua dengan Warga Malang terjadi di simpang empat Rajabali antara Jalan Semeru, Jalan Kahuripan, dan Jalan Basuki Rachmad pada Kamis pagi 15 Agustus 2019 sekitar pukul 09.00 WIB.

Baca Juga: Mahasiswa dan Warga Bentrok di Malang Gara-Gara Film 'Papua Merdeka' 

Bentrokan Mahasiswa Papua dengan Warga di Malang (foto: Avirista M/Okezone)

Bentrokan dipicu warga setempat yang kurang nyaman melihat ulah sejumlah mahasiswa Papua yang meneriakkan orasi menuntut merdeka dari Indonesia. Aksi bentrokan ini sempat melumpuhkan arus lalu lintas di simpang empat Jalan Basuki Rachmad, Jalan Semeru dan Jalan Kahuripan.

Dari informasi belum dilaporkan adanya kerusakan fisik pada sejumlah fasilitas maupun kendaraan. Namun seorang warga yang melintas dilaporkan terluka akibat lemparan batu dari massa.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini