nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TNI-Polri Pantau Pergerakan KKSB ke Tembagapura

Sabtu 17 Agustus 2019 02:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 17 340 2093067 tni-polri-pantau-pergerakan-kksb-ke-tembagapura-0kyGxAu7gG.jpg Ilustrasi KKSB (Foto: Ist)

TIMIKA - Aparat gabungan TNI dan Polri terus memantau pergerakan anggota Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) dari wilayah Ilaga, Kabupaten Puncak menuju Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika.

Komandan Kodim 1710 Mimika Letkol Inf Pio L Nainggolan kepada Antara di Timika, mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima ada pergerakan sekelompok orang memasuki Mile 50-60 ruas jalan poros yang menghubungkan Timika menuju Tembagapura.

"Yang kita ketahui sampai dengan saat ini orang-orang itu non bersenjata. Kita tidak tahu pasti jumlahnya berapa banyak," kata Letkol Nainggolan seperti dikutip Antaranews, Jumat (17/8/2019).

Baca Juga:  Pasukan Gabungan Diserang KKSB di Papua, 2 Prajurit Tertembak

Laporan tersebut diperkuat dengan adanya eksodus para pendulang emas tradisional yang selama ini beroperasi di Kali Kabur, sekitar Mile 50-60 ke Timika.

"Ada banyak pendulang yang sudah keluar dari sana. Dugaan kita, kelompok ini ada di sekitaran Mile 50-60," ujarnya.

Ilustrasi 

Meski begitu, Dandim berharap pelaksanaan upacara memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-74 RI di seluruh wilayah Mimika, termasuk di Tembagapura tetap berlangsung aman tanpa adanya gangguan dari KKSB.

Pada Jumat petang, satu kompi pasukan Brimob perbantuan dari Polda NTT telah bergerak dari Timika ke Tembagapura untuk mempertebal jumlah pasukan TNI dan Polri di wilayah pertambangan PT Freeport Indonesia itu.

Baca Juga: Pembunuhan Briptu Hedar, Polri: Kita Kejar ke Mana pun Mereka Lari

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini