nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPK Periksa 6 Pejabat Pemprov Kepulauan Riau

Aini Lestari, Jurnalis · Selasa 20 Agustus 2019 13:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 20 340 2094250 kpk-periksa-6-pejabat-pemprov-kepulauan-riau-UkunR2cEv6.jpg Juru Bicara KPK Febri Diansyah (Foto: Okezone)

BATAM - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil enam orang pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (20/8/2019). Pemeriksaan dilakukan di Mapolresta Barelang, Batam, dan mereka sebagai saksi untuk tersangka Gubernur nonaktif Kepri Nurdin Basirun.

“Hari ini, diagendakan pemeriksaan terhadap enam orang saksi untuk tersangka NBU (Nurdin Basirun). Pemeriksaan dilakukan di Polres Barelang,” ujar Febri Diansyah, Juru Bicara KPK melalui pesan singkat kepada Okezone.

Baca Juga: Sekda Kepri Dipanggil KPK Terkait Dugaan Suap Izin Proyek Reklamasi

Keenam pejabat tersebut yakni, Misni, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemprov Kepri; Burhanudin selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemprov Kepri; Tagor Napitupulu sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemprov Kepri.

Kemudian, Sardi Sun yang menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil; Cecep Sujana selaku Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Kepri; Samsul Bahrum yang merupakan Asisten 2 Setda Provinsi Kepri.

KPK

Pemeriksaan keenam saksi merupakan agenda lanjutan setelah sebelumnya KPK meminta keterangan sejumlah saksi lainnya, baik yang berasal dari lingkungan Pemprov Kepri maupun pihak swasta.

Tercatat, beberapa nama telah dimintai keterangan guna mendalami kasus OTT yang menjerat Gubernur Kepri nonaktif Nurdin Basirun, seperti Kepala Dinas PU Kepri Abu Bakar, Kepala Dinas Perhubungan Kepri Jamhur Ismail, Kabiro Hukum Pemprov Kepri Herry Mochrizal dan lainnya dari lingkungan Pemprov Kepri, termasuk Wali Kota Batam HM Rudi.

Baca Juga: Sejumlah Anggota DPRD Diperiksa KPK Terkait Suap Proyek Izin Reklamasi di Kepri

Sementara itu, dari kalangan swasta, sejumlah pengusaha ternama di Batam juga sempat diperiksa KPK seperti John Kennedy yang dikenal sebagai bos kawasan industri Panbil, Hartono dan juga Kock Meng. Nama Kock Meng sempat menjadi perbincangan di tengah masyarakat lantaran nama ini disebut-sebut sebagai pihak yang melakukan pengurusan izin reklamasi di salah satu lokasi perairan Batam.

Hingga saat ini, pemeriksaan masih berlangsung di lantai 3 Mapolresta Barelang. Seperti sebelumnya, pemeriksaan berlangsung tertutup dan dijaga ketat oleh beberapa personel dari Polresta Barelang.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini