nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa M4,3 Guncang Malang dan Sekitarnya

Avirista Midaada, Jurnalis · Sabtu 24 Agustus 2019 21:28 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 24 519 2096226 gempa-m4-3-guncang-malang-dan-sekitarnya-7whrflUUvF.jpg Ilustrasi

MALANG - Gempa bumi tektonik dengan kekuatan magnitudo Magnitudo 4,3 mengguncang Malang dan sekitarnya pada Sabtu malam (24/8 /2019). Dari data yang dikeluarkan BMKG gempa terjadi pada pukul 19.45 WIB dengan pusat gempa di barat daya Kabupaten Malang.

Kepala BMKG Karangkates Musripan mengatakan gempa dengan kekuatan magnitudo 4,3 ini dipengaruhi oleh subduks lempeng Indo Australia dan Eurasia.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi akibat aktivitas subduksi lempeng IndoAustralia dan Eurasia," tutur Musripan dalam keterangan tertulis.

Ilustrasi

Ia mnambapusat gempa ini berada pada koordinat 8.83 LS dan 112.49 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 77 km arah barat daya, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada kedalaman 10 km.

"Guncangan gempabumi ini dilaporkan telah dirasakan di daerah Kepanjen, Malang, Blitar, Karangkates, Trenggalek, Tulungagung dalam skala intensitas II-III MMI," bebernya.

Meski demikian, dari laporan yang diterima BMKG belum ada laporan akan kerusakan yang terjadi dari gempa tersebut.

"Belum ada kerusakan yang kami terima. Masyarakat kami minta untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini