nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dumai Diselimuti Asap Karhutla, Penerbangan Terganggu

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Rabu 28 Agustus 2019 13:46 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 28 340 2097648 dumai-diselimuti-asap-karhutla-penerbangan-terganggu-VOfofy9LSa.png Ilustrasi kabut asap (Dok Okezone)

PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang menimbulkan kabut asap berdampak pada terganggungnya aktivitas penerbangan di Bandara Pinang Kampai, Kota Dumai, Riau, Rabu (28/8/2019).

Gangguan penerbangan terjadi akibat jarak pandang (visibility) yang terbatas salah satunya dialami oleh Pesawat Wings Air yang terbang dari dan ke Kota Dumai.

"Penerbangan Wings Air tergangggu karena asap," kata Kepala Bandara Pinang Kampai Kota Dumai, Irvan kepada Okezone.

Jarak pandang di Bandara Pinang Kampai dari pagi hingga pukul 12.00 WIB tadi hanya 800 meter, tidak layak untuk melakukan lepas landas atau mendarat.

“Ini tidak aman untuk penerbangan," ujar Irvan.

 wings air

Akibatnya, Wings Air dari Bandara Hang Nadim Batam tujuan Pinang Kampai harus menunda keberangkatan. Semula pesawat itu dijadwalkan tiba di Dumai sekira pukul 09.50 WIB. Namun, pesawat memilih bertahan dulu di Hang Nadim, sambil menunggu laporan normalnya cuaca di Dumai.

"Jadwal terpaksa delay karena jarak pandang hanya 800 meter,” katanya.

Pesawat Wings Air tersebut dijadwalkan melanjutkan penerbangan dari Dumai ke Bandara Kualanamu, Deliserdang, Sumatera Utara sekira pukul 11.00 WIB. Namun, karena jadwal pendaratannya terganggu, penerbangan pun tertunda.

Di atas pukul 12.00 WIB, kabut asap sekitar Bandara Pinang Kampai mulai menipis dan jarak pandang sudah aman untuk penerbangan.

“Kita sudah beritahukan bahwa siang ini kondisi udara sudah membaik. Jarak pandang sudah 8 kilometer," ujarnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini