nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Amerika Serikat Jatuhkan Sanksi ke Badan Antariksa Iran

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 04 September 2019 12:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 04 18 2100509 amerika-serikat-jatuhkan-sanksi-ke-badan-antariksa-iran-adMLTWI19Z.jpg Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo. Foto/Kemlu AS

WASHINGTON - Amerika Serikat menjatuhkan sanksi terhadap badan antariksa sipil serta dua organisasi penelitian Iran, dengan menuding fasilitas tersebut digunakan untuk memutakhirkan program rudal balistik Teheran.

Sanksi Departemen Keuangan AS menargetkan Badan Antariksa Iran, Pusat Penelitian Antariksa Iran serta Institut Penelitian Austronautika.

"Amerika Serikat tidak akan membiarkan Iran memanfaatkan program peluncuran ruang angkasa mereka sebagai kedok untuk mengembangkan program rudal balistik mereka," kata Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dalam satu pernyataan mengutip Reuters, Rabu (4/9/2019).

Ia mengatakan upaya Iran pada 29 Agustus untuk menguji kendaraan peluncur ruang angkasa menggarisbawahi "urgensi ancaman."

Baca juga: Amerika Serikat Sanksi Menlu Iran Mohammad Javad Zarif

Baca juga: Trump Sebut Iran Ngibul Telah Tangkap 17 Agen CIA

Foto/Times of Israel

Salah satu roket Iran meledak di landasan peluncur di Pusat Antariksa Imam Khomeini di Iran utara sebelum jadwal peluncuran pada Kamis lalu. Ledakan itu menyusul kegagalan upaya Iran untuk meluncurkan satelit pada Januari.

Sanksi tersebut, bagian dari tekanan AS untuk mengekang Iran mengembangkan senjata nuklir, merupakan yang pertama diberlakukan terhadap badan antariksa Iran, menurut Departemen Luar Negeri. AS khawatir teknologi balistik jarak jauh yang digunakan untuk menempatkan satelit ke orbit juga dapat digunakan untuk meluncurkan hulu ledak nuklir.

Badan Antariksa Iran mengembangkan satelit dan meluncurkan teknologi kendaraan, dan bekerja dengan Pusat Penelitian Antariksa Iran setiap harinya serta penelitian dan pengembangan, menurut Departemen Luar Negeri. Keduanya juga berkoordinasi dengan organisasi rudal balistik propelan cair yang juga dijatuhi sanksi, Shahid Hemmat Industrial Group.

Tak Mau Berdialog

Presiden Iran Hassan Rouhani menyatakan bahwa negaranya tidak mau berdialog dengan Amerika Serikat kecuali semua sanksi yang dijatuhkan ke Iran dicabut.

Rouhani menegaskan bahwa Iran sejak dulu selalu siap untuk mengadakan pembicaraan. Namun ia menekankan agar AS harus menarik mencabut semua sanksi terhadap Iran.

"Tapi pertama, AS mesti bertindak dengan mencabut sanksi tidak sah, tidak adil dan tidak jujur yang dijatuhkan atas Iran," kata Presiden Iran Hassan Rouhani mengutip Reuters, Selasa (27/8/2019).

"Teheran tak pernah menginginkan senjata nuklir," tambahnya. Pernyataan Rouhani menanggapai Presiden AS Donald Trump yang mengatakan ia akan bertemu dengannya guna mengakhiri sengketa nuklir Iran.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini