nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nigeria Akan Pulangkan Gratis Warganya yang Berada di Afsel

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 05 September 2019 16:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 05 18 2101093 nigeria-akan-terbangkan-gratis-warganya-yang-ingin-tinggalkan-afsel-UuYmSDycTj.jpg Foto: AFP.

JOHANNESBURG – Pemerintah Nigeria menawarkan penerbangan gratis bagi warganya di Afrika Selatan yang ingin pulang, menyusul “serangan xenophobia yang disayangkan terhadap warga negara asing baru-baru ini“. Kementerian Luar Negeri Nigeria mengatakan bahwa pemilik maskapai Peace Airlines telah bersedia mengevakuasi warga Nigeria dari Afrika Selatan tanpa dipungut biaya.

"Karena itu, warga Nigeria yang berminat disarankan untuk bekerja sama dengan Komisi Tinggi Nigeria di Pretoria dan Konsulat Jenderal Nigeria di Johannesburg untuk pengaturan lebih lanjut yang diperlukan," demikian disampaikan dalam pernyataan kementerian luar negeri yang dilansir BBC, Kamis (5/9/2019).

BACA JUGA: Kerusuhan dan Penjarahan Meluas di Afsel, Warga Asing Jadi Target Kekerasan

Serangan terhadap bisnis milik asing di Afrika Selatan telah membuat marah banyak warga Nigeria yang merasa mereka secara tidak adil telah dijadikan sasaran.

Menteri Luar Negeri Nigeria Geoffrey Onyeama pada konferensi pers Rabu mengatakan bahwa, menurut informasi yang tersedia, tidak ada warga Nigeria yang terbunuh dalam kerusuhan itu. Namun, dia mengatakan bahwa pemerintah saat ini sedang mempertimbangkan untuk menarik komisaris tingginya dari Afrika Selatan dan menuntut kompensasi penuh untuk bisnis milik warga Nigeria yang telah dirusak.

BACA JUGA: 300 Orang Ditangkap Imbas Kerusuhan Anti-Warga Asing di Afrika Selatan

Nigeria telah memutuskan untuk memboikot Forum Ekonomi Dunia di Afrika Selatan pekan ini karena serangan itu.

Abuja juga telah mengatakan kepada warga Nigeria untuk "menghindari bepergian ke daerah-daerah berisiko tinggi dan bergejolak" di Afrika Selatan sampai situasi terkendali.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini