nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mantan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe Meninggal di Usia 95 Tahun

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 06 September 2019 13:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 06 18 2101436 mantan-presiden-zimbabwe-robert-mugabe-meninggal-di-usia-95-tahun-Jdp2IBJfLm.jpg Robert Mugabe. Foto/Reuters

SINGAPURA - Mantan Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe meninggal dunia di usia 95 tahun.

Keluarganya mengatakan bahwa Mugabe meninggal dunia setelah berjuang melawan penyakit yang dideritanya tanpa merinci penyakit Mugabe.

Pemimpin Zimbabwe pasca kemerdekaan itu dilengserkan dari jabatannya pada 2017 setelah berkuasa selama lebih dari tiga dekade. BBC melaporkan bahwa dia telah berada di rumah sakit di Singapura sejak April lalu.

Meski dilengserkan, Mugabe merupakan seorang tokoh yang cukup dihormati di negaranya sebagai tokoh kemerdekaan. Di tahun-tahun awal pemerintahannya, Mugabe bahkan dipuji karena kebijakannya yang memperluas akses ke kesehatan dan pendidikan bagi warga mayoritas kulit hitam. Tetapi program reformasi pertanahannya yang kontroversial memicu keruntuhan ekonomi Zimbabwe dan tahun-tahun terakhir kekuasannya ditandai dengan pelanggaran hak dan korupsi.

Penggantinya, Presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa, menyatakan "kesedihan mendalam" dengan menyebut Mugabe sebagai "bapak pendiri Zimbabwe" dan "ikon pembebasan".

Mnangagwa adalah wakil Mugabe sebelum kemudian menjadi penggantinya. Mnangagwa Mugabe lahir pada 21 Februari 1924 di Zimbabwe yang saat itu masih bernama Rhodesia.

Dia dipenjara selama lebih dari satu dekade tanpa diadili setelah mengkritik pemerintah Rhodesia pada 1964.

Pada 1973, ketika masih mendekam di penjara, dia terpilih sebagai presiden Uni Nasional Afrika Zimbabwe (Zanu), partai di mana ia menjadi pendirinya.

Setelah dibebaskan, ia mengambil sikap militan, pergi ke Mozambik dan mengarahkan serangan gerilya ke Rhodesia. Selain sebagai milisi, Mugabe juga dipandang sebagai negosiator yang terampil.

Perjanjian politik untuk mengakhiri krisis yang terjadi di Rhodesia dan melahirkan Republik Zimbabwe baru yang independen. Dengan pengaruh kuatnya sebagai tkoh kemerdekaan, Mugabe memenangi pemilihan umum pertama Zimbabwe pada 1980 dan terus berkuasa sampai digulingkan pada 2017.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini