nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pelaku Pembunuh dan Pemerkosa Gadis Baduy Tidak Dihukum Secara Adat

Rasyid Ridho , Jurnalis · Jum'at 06 September 2019 13:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 06 340 2101430 pelaku-pembunuh-dan-pemerkosa-gadis-baduy-tidak-dihukum-secara-adat-HzPrauImp2.jpg Ilustrasi Penganiayaan (Foto: Okezone)

LEBAK - Para pimpinan adat suku Baduy meminta para pelaku pemerkosa dan pembunuh gadis Baduy diberikan hukuman setimpal dengan aturan yang berlaku di Indonesia. Namun begitu, hukuman akan berdeda jika para pelaku merupakan warga asli Baduy.

"Harus sesuai aturan pidana, harus semaksimal harusnya. Soalnya itu kasus luar biasa. Kalau kasus biasa membunuh orang seperti perampokan kasus biasa. Ini beda lagi, kasus luar biasa. Kejadian begitu memang kalau di sini (Baduy) baru sekali ini," kata Jaro Saija, kepala desa wilayah Baduy saat dihubungi wartawan, Kamis 5 September 2019.

mayat

Baca Juga: Sadis! Tiga Pelaku Perkosa Gadis Baduy Secara Bergantian dalam Kondisi Sudah Meninggal

Dijelaskan Jaro Saija, para pelaku hanya memperoleh hukuman yang berlaku di Indonesia. Tidak bisa dikenakan hukuman adat. Sebab, ketiga pelaku bukanlah warga Baduy.

"Khusus warga Baduy tetap pakai hukum adat. Nanti takut merembet ke keturunan kalau tidak diurus di sini. Kalau orang luar, tidak berjalan hukum adatnya," ujarnya.

(edi)

Berita Terkait

pembunuhan

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini