nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demo di Tengah Kabut Asap, Sejumlah Mahasiswa Sesak Napas dan Pingsan

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Kamis 12 September 2019 23:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 12 340 2104147 demo-di-tengah-kabut-asap-sejumlah-mahasiswa-sesak-napas-dan-pingsan-VXCYaUX6Y5.jpg Demo Mahasiswa di Depan Kantor Gubernur Riau (Foto: Okezone/Banda)

PEKANBARU - Ratusan mahasiswa menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Gubernur Riau meminta pertanggungjawaban pemerintah dalam penanganan bencana asap. Di tengah unjuk rasa, tiga mahasiswi mengalami sesak napas dan akhirnya pingsan.

Diduga para mahasiswa ini kehilangan kesadaran karena tidak kuat menghirup udara yang sudah bercampur dengan asap yang sangat pekat. Para mahasiswi inipun dilarikan ke rumah sakit.

"Saat sedang demo tadi rekan kita mengeluhkan sesak napas. Tidak berapa lama merekapun pingsan dan dilarikan ke rumah sakit Bhayangkara Polda," kata Andre Setiawan, salah satu rekan korban Kamis (12/9/2019).

Baca Juga: Bencana Asap Karhutla Lumpuhkan Aktivitas Pendidikan di Riau

Aksi turun ke jalan yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Riau kerena bencana kabut asap tidak kunjung tertangani dan semakin parah. Mahasiwa berhasil masuk komplek kantor Gubernur Jalan Sudirman Pekanbaru dan langsung demo dan membentangkan spanduk.

Demo Karhutla (Foto: Okezone/Banda)

Dalam demo itu, satu persatu mahasiswi tumbang. Rekan rekan korban langsung memberikan pertolongan. "Kita menuntut pemerintah pusat dan dan daerah serius menangani kebakaran. Sudah berbulan bulan kita warga Riau dipaksa menghirup asap. Dana penanggulangan bencana cukup banyak, tapi kita nilai tidak ada hasilnya," ketus Amin, masa aksi.

Hari ini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat ada 279 titik panas di Riau. Kabut asap semakin tebal, jarak pandang hanya 500 meter.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini