nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berbelasungkawa, Trump Sebut Habibie Contoh Luhur Tekad dan Kreativitas Indonesia

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 13 September 2019 10:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 13 18 2104298 berbelasungkawa-trump-sebut-habibie-contoh-luhur-tekad-dan-kreativitas-indonesia-uPqFGEldfv.jpg Foto: Okezone/Arif.

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Ibu Negara Melania Trump menyampaikan ucapan belasungkawa atas wafatnya Presiden Ke-3 Republik Indonesia, BJ Habibie, yang meninggal dunia pada Rabu, 11 September 2019 di usia 83 tahun.

Dalam ucapan dukacita yang dirilis Sekretaris Pers Gedung Putih pada Jumat, Trump menyebut Habibie sebagai sosok luar biasa yang memimpin Indonesia melalui berbagai tantangan berat pasca pemerintahan Presiden Suharto.

BACA JUGA: Amerika Serikat Akan Terus Mengingat Persahabatan dengan BJ Habibie

“Dr. Habibie menjalankan kepemimpinan yang luar biasa dalam menjaga persatuan dan tradisi pluralistik di Indonesia, serta dalam mengantar kemunculan negara ini menjadi salah satu negara demokrasi yang hebat di dunia,” demikian disampaikan dalam pernyataan itu.

Presiden AS itu juga mengenang BJ Habibie sebagai seorang insinyur sukses yang berkontribusi besar bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi Indonesia, termasuk industri penerbangan, dan merupakan contoh luhur dari kreativitas dan tekad kuat masyarakat Indonesia.

BACA JUGA: Sampaikan Belasungkawa, PM Australia Puji Visi dan Keberanian BJ Habibie

BJ Habibie yang lahir di Parepare pada 25 Juni 1936 menghembuskan nafas terakhirnya di RSPAD Gatot Subroto Jakarta setelah sempat dirawat selama beberapa hari. Jasad beliau dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata pada Kamis, 12 September dalam sebuah upacara kenegaraan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini