nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gunung Merbabu dan Andong Terbakar, Pemadaman Libatkan Tim Gabungan

Taufik Budi, Jurnalis · Sabtu 14 September 2019 07:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 14 512 2104749 gunung-merbabu-dan-andong-terbakar-pemadaman-libatkan-tim-gabungan-aaHamMqDdq.jpg Gunung Merbabu di Jawa Tengah (Okezone.com/Salman Mardira)

SEMARANG – Gunung Andong dan Gunung Merbabu, Jawa Tengah dilanda kebakaran. Tim gabungan terus berupaya memadamkan kebakaran hutan yang ada di dua gunung tersebut.

Kawasan hutan pinus di Gunung Andong terbakar, pada Jumat 13 September 2019 sore. Kebakaran terjadi di petak 2601 RPH Pagergunung BKPH Smbarawa KPH Kedu Utara, masuk Dusun Sijarani Desa Pagergunung Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang.

"Sumber api dari orang yang membakar ranting di tanah Pemajekkan kemudian merembet ke hutan," kata Ketua Nomaden Rescue, Tono Pain, Sabtu (14/9/2019).

Api dengan cepat berkobar karena tiupan angin kencang. Selain itu, banyak ranting kering sehingga api semakin besar dan menjalar ke sekitar lokasi. Luas lahan yang terbakar diperkirakan mencapai 4,5 hektare.Gunung andong

Kebakaran hutan di Gunung Andong (Foto Nomaden Rescue)

Proses pemadaman api dilakukan hingga malam tadi.

Gunung Merbabu

Sementara kebakaran yang melanda kawasan hutan dan lahan (karhutla) di Gunung Merbabu kian meluas. Petugas dan relawan terus bersiaga agar titik api tak semakin bertambah.

"Info saat ini api sudah masuk ke Kabupaten Semarang tepatnya di lereng pemancar dan Watu Gubug. Status saat ini di Basecamp Tekelan Siaga 1," kata anggota Barisan Relawan Pemadam Kebakaran (Balakar) Kabupaten Semarang.

Karhutla d Gunung Merbabu terjadi sejak Rabu 11 September 2019. Titik api terpantau di wilayah hutan Gunung Merbabu turut Dusun Malang, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Magelang.

Jumat malam tadi sekira pukul 22.25 WIB, api semakin membesar merembet ke arah puncak, terpantau dari Dusun Batur, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan.

Hingga kini petugas gabungan masih berjibaku memadamkan api. Proses pemadaman hanya bisa dilakukan secara manual dengan menggunakan peralatan seadanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini