nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

86 Harimau Diselamatkan dari Kuil di Thailand Mati

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 17 September 2019 19:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 09 17 18 2106072 86-harimau-diselamatkan-dari-kuil-di-thailand-mati-ZNRPUpOw3Z.jpg Petugas sedang memeriksa salah satu harimau yang mati. (Foto/Reuters)

KANCHANABURI - Lebih dari 80 harimau yang diselamatkan dari sebuah kuil di Thailand mati karena virus.

Kuil Budha Wat Pa Luang Ta Bua, yang dikenal sebagai Kuil Harimau, di provinsi Kanchanaburi, sebelah barat Bangkok adalah objek wisata, di mana tempat para pengunjung dapat swafoto dengan harimau dan anak harimau yang sedang minum susu dari botol.

Namun pada 2016, pihak berwenang menyita 147 harimau sebagai tanggapan setelah mendapat tekanan atas dugaan perdagangan satwa liar di kuil tersebut.

Hewan-hewan itu dibawa ke dua tempat perlindungan yang dikelola pemerintah.

"Ketika kami membawa harimau masuk, kami mencatat bahwa harimau-harimau itu tidak memiliki sistem kekebalan tubuh akibat perkawinan sedarah," kata wakil direktur jenderal departemen departemen taman nasional Thailand, Prakit Vongsrivattanakul kepada media lokal mengutip Skya News, Selasa (17/9/2019).

Foto/ABC News

Prakit tidak memberikan angka pasti untuk jumlah harimau yang telah mati, tapi penyiar layanan publik Thailand PBS melaporkan bahwa jumlahnya harimau yang mati adalah 86—lebih dari setengah saat diungsikan dari kuil.

Kuil ini telah mempromosikan diri sebagai suaka margasatwa selama bertahun-tahun, tetapi setelah diselidiki karena dugaan perdagangan satwa liar dan penyalahgunaan hewan.

Para biksu dituduh membiakkan harimau secara ilegal oleh para aktivis satwa liar, sementara beberapa pengunjung mengatakan bahwa hewan-hewan itu tampak dibius. Kuil itu membantah tuduhan itu.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini