nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hutan Kawasan Wisata Gedong Songo Terbakar

Taufik Budi, Jurnalis · Selasa 17 September 2019 16:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 17 512 2105987 hutan-kawasan-wisata-gedong-songo-terbakar-LwF3Ufcyhs.JPG Hutan kawasan Gedong Songo terbakar (Foto: Ist)

SEMARANG – Hutan di kawasan wisata Gedong Songo Kabupaten Semarang, Jawa Tengah dilalap si jago merah. Lokasi yang curam di bawah tebing membuat petugas hanya dapat melokalisasi api agar tidak merambat ke daerah lain.

“Titik api berada di wilayah atas wisata Gedong Songo, tepatnya berada di atas patung Anoman Gedong Songo,” kata relawan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna), Cecep Rosojati, Selasa (17/9/2019).

Baca Juga: Soal Karhutla Riau, Mendagri Ngaku Turut "Disentil" Jokowi

Menurutnya, sumber api sudah diketahui warga sejak Senin 16 September. Namun, upaya pemadaman belum bisa dilakukan karena titik api berada di bawah tebing yang sulit dijangkau. Ratusan petugas pun hanya bisa menunggu di bagian atas tebing untuk mencegah api semakin liar.

“Sumber api itu di tebing bawah yang sulit dijangkau oeh orang. Sehingga upaya relawan, polisi, dan masyarakat hanya bisa menunggu di bibir tebing paling. Untuk antisipasi api meluas,” ujar dia.

“Kalau gejala kebakaran itu sudah diketahui sejak kemarin sore, dilaporkan oleh warga sekitar. Indikasinya itu kemungkinan besar bukan akibat ulah manusia, karena lokasinya sangat tidak bisa dijangkau. Kemungkinan karena faktor alam,” imbuhnya.

Hutan Gedong Songo terbakar

Baca Juga: 15 Korporasi Jadi Tersangka Karhutla di Kalbar

Ratusan petugas gabungan yang terlibat pemadaman di antaranya polisi, Sakpala, Basecamp Mawar, Ungaran Peduli, BPBD Kabupaten Semarang, TNI, dan Relawan Sumowono. Proses pemadaman hanya bisa dilakukan dengan alat-alat seadanya.

“Pemadaman secara manual, kita pakai alat-alat seadanya. Sore ini api sudah padam. Kalau api yang di bagian bawah tebing juga padam dengan sendirinya setelah merambat ke bagian atas,” ujar Relawan Ungaran Peduli, Puji Antoni.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini