nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gunung Slamet Terbakar, Puluhan Petugas Berjibaku Melawan Api

Taufik Budi, Jurnalis · Rabu 18 September 2019 02:57 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 18 512 2106153 gunung-slamet-terbakar-puluhan-petugas-berjibaku-melawan-api-myNr29brD0.jpg Kebakaran di Gunung Slamet (Foto: Okezone/Taufik)

SEMARANG - Puluhan petugas gabungan diterjunkan untuk menjinakkan api yang mengamuk di kawasan hutan Gunung Slamet. Mereka harus berjibaku memadamkan kobaran api dengan peralatan seadanya.

Anggota Basarnas Jateng Setio Topan Dirgantara mengatakan kobaran api berada di Kaliwadas, Sirampong perbatasan Purbalingga-Brebes. Sejumlah relawan gabungan di bawah koordinasi SAR Purbalingga dan BPBD hingga kini masih berada di lokasi.

"Hingga saat ini masih berlangsung upaya pemadamannya. Jumlah personel di lokasi sekira 50 orang," kata Topan, Rabu (18/9/2019) dini hari.

Gunung S

Baca Juga: Kebakaran Hutan Kawasan Wisata Gedong Songo Kembali Membesar

Dia menjelaskan, petugas harus ekstra hati-hati karena medan cukup terjal dan angin bertiup kencang. Kondisi itu mengakibatkan api semakin membesar, sehingga petugas yang melakukan pemadaman harus mewaspadai arah angin.

"Kendala utama adalah sumber air yang jauh. Jadi harus pemadaman manual dengan cara dipukul penggunakan ranting daun yang msih hijau," beber dia.

"Sembari motong jalur api," imbuhnya.

Dia berharap api bisa dipadamkan agar tak kian merambat ke lokasi lain. Petugas harus bergerak cepat memukul api agar segera padam.

"Semoga angin enggak bgitu besar jadi api tidak cepat melebar. Karena relawan gabungan juga harus motong jalur apinya biar tak membesar," pungkas dia.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini