nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PM Thailand Usulkan Ide Pindahkan Ibu Kota dari Bangkok

Rahman Asmardika, Jurnalis · Kamis 19 September 2019 13:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 09 19 18 2106769 pm-thailand-usulkan-ide-pindahkan-ibu-kota-dari-bangkok-OLt4UpHHiq.jpg Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-ocha. (Foto: Reuters)

BANGKOK – Karena Bangkok dianggap telah terlalu padat, Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-ocha mengatakan bahwa pemindahan ibu kota merupakan suatu kemungkinan yang dapat dilakukan. Hal itu disampaikan perdana menteri dalam sebuah seminar ekonomi dan pembangunan di Thailand tengah.

"Ada dua pendekatan yang mungkin untuk memindahkan ibu kota," kata Prayut saat berbicara di seminar di Muang Thong Thani, Provinsi Nonthaburi pada Rabu sebagaimana dilansir The Nation, Kamis (19/9/2019).

BACA JUGA: Gubernur Bangkok dan Jokowi Tukar Cerita soal Macet serta Banjir

"Yang pertama adalah menemukan kota yang tidak terlalu jauh atau terlalu mahal untuk dipindahkan. Yang kedua adalah mendesentralisasikan daerah perkotaan ke luar Bangkok untuk mengurangi kepadatan."

Prayuth mengatakan pendekatan kedua akan melestarikan landmark penting Bangkok, sementara fasilitas pemerintah dan bisnis dapat dipindahkan ke perimeter kota. Dengan begitu kebutuhan banyak orang untuk bepergian masuk dan keluar dari pusat kota akan berkurang dan akan mengurangi kemacetan lalu lintas.

Memindahkan ibu kota hanyalah sebuah gagasan dan akan membutuhkan penelitian yang luas mengenai dampak ekonomi dan sosial, kata Prayut. Tetapi dia mengatakan bahwa langkah itu adalah sebuah kemungkinan di bawah pemerintahannya.

"Pemerintah masa lalu tidak pernah bisa melakukan ini, khawatir itu akan menyebabkan konflik yang tidak dapat diperbaiki di masyarakat," katanya.

BACA JUGA: Warga Bangkok Gunakan Celana Dalam dan Bra untuk Berlindung dari Asap Beracun

"Prioritas pertama sekarang adalah membangun saling pengertian di antara orang-orang untuk memastikan mereka dan pemerintah berada pada halaman yang sama."

Jika langkah pemindahan ibu kota itu diambil, Thailand akan menyusul beberapa negara Asia Tenggara lain yang juga telah atau akan melakukan kebijakan serupa. Bulan lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan akan memindahkan ibu kota dari Jakarta ke luar Pulau Jawa, sementara Malaysia dan Myanmar telah terlebih dahulu melakukannya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini