nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gara-Gara Kabut Asap, Sejumlah Nelayan di Aceh Nyasar

Windy Phagta, Jurnalis · Senin 23 September 2019 14:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 23 340 2108198 gara-gara-kabut-asap-sejumlah-nelayan-di-aceh-nyasar-qaQqVqQshF.jpg Foto Ilustrasi Okezone

BANDA ACEH - Kabut asap kiriman dari sejumlah daerah telah menyelimuti wilayah Aceh, tak hanya itu asap tebal juga mengganggu perairan di Aceh. Satu orang nelayan dilaporkan kehilangan arah saat hendak pulang melaut karena kabut asap.

Sekretaris Panglima Laot Aceh, Miftach Cut Adek menuturkan, nelayan tersebut berasal dari Sabang. Nelayan tersebut dalam perjalanan pulang tapi tidak sampai ke pelabuhan perikanan Sabang, karena tebalnya asap yang menyelimuti lautan.

“Nelayan tersebut awalnya menelepon keluarganya, bahwa dia sudah dalam perjalanan pulang tetapi sampai saat ini belum sampai ke pelabuhan perikanan Sabang,” kata Miftach kepada wartawan, Senin (23/9/2019).

 Baca juga: Aceh Mulai Diselimuti Kabut Asap

Kabut Asap

Miftach mengimbau, seluruh nelayan yang tidak memiliki alat penunjuk arah, agar tidak terlalu jauh pergi melaut, sebab perairan ditutupi kabut asap hingga dikhawatirkan nelayan bisa kehilangan arah.

Kabut asap kiriman dari sejumlah wilayah di Sumatera dilaporkan terus menyelimuti wilayah provinsi Aceh.

 Baca juga: Kabut Asap Makin Pekat Selimuti Mandailing Natal

Sementara itu, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ir. Sunawardi, mengimbau kepada masyarakat agar menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Bila kondisi asap menebal gunakanlah masker sebagai langkah menghindari terhirup langsung asap yang berdampak buruk bagi kesehatan” imbau Sunawardi.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini