nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2 Orang Tewas Imbas Penembakan Dekat Sinagoge di Jerman

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 09 Oktober 2019 19:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 09 18 2114916 2-orang-tewas-imbas-penembakan-dekat-sinagoge-di-jerman-c1883T3hUc.jpg Salah satu korban penembakan di Halle, Jerman. (Foto/AP/Daily Mail)

HALLE – Dua orang tewas setelah orang-orang bersenjata melepaskan tembakan dekat sinagoge di Jerman pada saat Yom Kippur, Hari Penebusan atau Hari Pendamaian, hari yang dianggap paling suci dalam agama Yahudi.

Melansir Daily Mail, Rabu (9/10/2019) seorang wanita tewas setelah dua penyerang, yang diyakini mengenakan seragam gaya militer. Pelaku melepaskan tembakan dengan senapan mesin ringan pada Rabu pagi waktu setempat.

Sebuah granat juga dilemparkan ke pemakaman Yahudi sebelum para penyerang melarikan diri, Bild melaporkan. Beberapa lainnya terluka. Tidak dilaporkan apakah granat meledak atau tidak.

Baca juga: Perampok Jerman Berpidato 20 Jam Sebelum Divonis 12,5 Tahun Penjara

Baca juga: 2 Wanita Coba Bunuh Pria 5 Kali Usai Berhungan Seks Bertiga

Foto/Daily Mail

Polisi telah menangkap seorang tersangka usai penembakan, dan mengatakan kepada warga untuk tetap waspada sementara perburuan pelaku masih berlangsung.

Diperkirakan para penyerang melarikan diri dengan taksi yang mereka bajak dari sopir dan istrinya, yang melawan balik.

Keduanya terluka dan dibawa ke rumah sakit, demikian dilaporkan.

Polisi telah memberitahu warga untuk tinggal di rumah mereka atau mencari tempat berlindung yang aman.

Seseorang yang diwawancarai di televisi Jerman mengatakan bahwa dia berada di toko kebab ketika dia melihat seorang pria dengan helm, jaket militer dan mulai melakukan penembakan.

Pria itu mengatakan penyerang melemparkan granat ke toko, yang memantul dari kusen pintu, sebelum dia melepaskan tembakan ke toko.

Polisi juga melaporkan bahwa tembakan terjadi di Landsberg, sekitar 16 km dari Halle. Tidak jelas apakah insiden itu terkait dengan penembakan sebelumnya.

Stasiun kereta api di Halle, kota berpenduduk 240.000, ditutup sebagai tindakan pencegahan.

Penembakan itu memicu gelombang besar kepolisian ke kota, di antaranya unit-unit SEK, elite polisi anti-terorisme Jerman.

Yom Kippur, atau Hari Pendamaian, adalah hari paling suci dalam Yudaisme yang ditandai dengan periode puasa dan doa intensif selama 25 jam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini