nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Justin Trudeau Kembali Berkuasa Setelah Partai Liberal Menangi Pemilu Kanada

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 22 Oktober 2019 14:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 22 18 2120144 justin-trudeau-kembali-berkuasa-setelah-partai-liberal-menangi-pemilu-kanada-Pr83zgaJ3g.jpg Foto: Reuters.

MONTREAL – Perdana Menteri Justin Trudeau mempertahankan kekuasaannya setelah meraih kemenangan dalam pemilihan umum Kanada. Namun, Trudeau kehilangan posisi mayoritas dan membutuhkan bantuan partai-partai kecil sayap kiri untuk membentuk pemerintahan setelah pemilu yang ketat.

Berdasarkan keterangan komisi Pemilihan Umum Kanada, Partai Liberal telah memenangi atau memimpin di 156 dari 338 kursi dalam pemungutan suara pada Senin, 21 Oktober. Hasil itu membuat Liberal jauh dari 170 kursi yang dibutuhkan untuk membentuk pemerintahan mayoritas.

BACA JUGA: Akui Langgar Aturan Etik, PM Kanada Justin Trudeau Tolak Minta Maaf

“Kamu berhasil, teman-temanku. Selamat, ”kata Trudeau kepada para pendukung di Montreal pada Selasa pagi sebagaimana dilaporkan Reuters.

Trudeau, yang mengambil alih kekuasaan pada 2015 sebagai sosok karismatik yang menjanjikan "cara cerah," melihat popularitasnya menurun di tengah skandal terkait foto-foto lama dirinya dalam wajah hitam dan penanganan kasus korupsi perusahaan. Dia sekarang harus bergantung pada Partai Demokrat Baru (NDP) untuk mendorong disahkannya undang-undang utama.

Meskipun NDP juga tidak mengalami pemilihan yang menyenangkan karena jumlah kursi yang diproyeksikan akan mereka dapatkan turun tajam dari pemilihan 2015, partai tersebut dapat memiliki pengaruh signifikan terhadap pemerintahan Trudeau berikutnya.

Isu lain adalah Pemerintah minoritas di Kanada jarang bertahan lebih dari 2, 5 tahun.

BACA JUGA: Berdandan Seperti Pangeran Arab, PM Kanada Tersangkut Skandal Wajah Coklat

Citra liberal Trudeau, yang ayahnya membuka negara itu untuk imigrasi massal, sangat terpukul ketika foto-fotonya yang memakai wajah hitam pada awal 1990-an dan pada 2001 muncul di awal kampanye.

Trudeau sudah bergulat dengan akibat dari tuduhan bahwa ia menekan menteri kehakimannya untuk membantu melindungi perusahaan teknik SNC-Lavalin Group Inc dari tuduhan korupsi. Pada Agustus, seorang pengawas top mengatakan Trudeau melanggar aturan etika.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini