nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Helikopter BNPB Dikerahkan Padamkan Api di Gunung Ijen

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 28 Oktober 2019 15:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 28 519 2122671 helikopter-bnpb-dikerahkan-padamkan-api-di-gunung-ijen-2F2QxF6Ss8.jpg Helikopter BNPB melakukan pemadaman api di Gunung Ijen (Foto: BPBD Banyuwangi)

BANYUWANGI - Pemadaman api melalui jalur udara atau waterbombing kembali dilakukan di beberapa titik api di wilayah Pegunungan Ijen, Banyuwangi.

Di hari kedua waterbombing sejak Senin (28/10/2019) pagi, helikopter milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hilir mudik dari wilayah Selatan Banyuwangi guna mengambil air di perairan Watudodol menuju Pegunungan Ijen.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Banyuwangi Eka Muharram mengatakan, fokus waterbombing hari kedua ini di wilayah Gunung Merapi Ungup - Ungup.

"Hari kedua ini helikopter fokus untuk pemadaman kepulan asap di wilayah Gunung Merapi Ungup - Ungup," ujar Eka Muharram.

Baca Juga: 4 Titik Api Masih Membakar Sejumlah Gunung di Jatim

Guna memadamkan api, per jamnya helikopter milik BNPB ini mampu membawa hingga 7 liter air dari Perairan Watudodol. Nantinya helikopter ini akan berupaya memadamkan api hingga padam.

Helikopter BNPB Foto: BPBD Banyuwangi

Di sisi lain batas tanggap darurat kebakaran hutan oleh Pemkab Banyuwangi yang ditetapkan hingga hari ini membuat Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengkaji ulang tersebut.

"Sampai saat ini masih belum diputuskan (dicabut atau dilanjutkan). Nanti kita akan cek lagi, saat ini masih proses waterbombing," ungkapnya.

Hingga kini BPBD Kabupaten Banyuwangi memperkirakan setidaknya 1.200 hektar lahan hutan di kawasan Gunung Ranti, Taman Wisata Alam Kawah Ijen, hingga kawasan Gunung Merapi Ungup - Ungup.

Petugas gabungan sendiri telah berupaya memadamkan api sejak sepekan lalu dengan cara manual mulai dari memukul titik api dengan ranting hingga membuat penyekatan meminimalisir penyebaran api. Namun, titik api masih belum mampu dikendalikan.

Baca Juga: KPK: Esensi Sumpah Pemuda adalah Kesamaan Visi-Misi Rakyat Indonesia

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini