nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Seluruh Napi yang Kabur dari Rutan Wates Ditangkap Kembali

Kuntadi, Jurnalis · Selasa 29 Oktober 2019 17:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 29 510 2123231 seluruh-napi-yang-kabur-dari-rutan-wates-ditangkap-kembali-NmvOoAcXwo.JPG Rutan Kelas II B Wates, DIY. (Foto : iNews/Kuntadi)

KULONPROGO – Lima narapidana yang kabur dari Rutan Kelas IIB Wates, pada Minggu (27/10/2019), akhirnya berhasil ditangkap kembali. Terkini, petugas menangkap kembali menangkan Sutristiyanto, di sebuah kebun jagung di Bejo, Wates, Kulonprogo, atau sekitar satu kilometer arah barat Rutan.

“Baru saja kita tangkap Sutristiyanto. Lima yang kabur semuanya sudah tertangkap kembali,” ujar Kasat Reskrim Polres Kulonprogo AKP Ngadi, usai menyerahkan terpidana kasus pencurian dengan pemberatan kepada petugas Rutan Wates, Selasa (29/10/2019).

Menurutnya, penangkapan ini berawal dari laporan warga. Sebelumnya ada seorang warga yang tengah merumput. Dia sempat bertemu Sutristiyanto di kebun jagung dalam kondisi lemah dan kakinya terluka. Dari informasi ini petugas langsung melakukan pencarian. Hasilnya, napi ini langsung diamankan tanpa ada perlawanan.

“Sempat beredar kabar dia membawa senjata tajam (sajam). Namun, saat kita siagakan anggota lengkap tidak ditemukan sajam. Dia kondisi lemah dan terluka,” ucapnya.

Ilustrasi (Shutterstock)

Semenjak kabur dari rutan pada Minggu (27/10/2019) sore, Sutristiyanto bersembunyi di kebun jagung. Selama dua hari dia tidak bisa pergi jauh karena kaki sebelah kanan terluka. Kemungkinan dia mengalami patah tulang kaki ketika meloncat dari atas pagar rutan.

Napi yang dijatuhi dua tahun penjara ini pun langsung digelandang ke Rutan Wates untuk diserahkan ke petugas. Bersama empat napi lainnya yang sempat kabur, mereka ditempatkan di ruang isolasi.

Ngadi mengaku belum mengetahi motif di balik kaburnya para napi ini. Saat dimintai keterangan, mereka hanya mengaku ikut-ikutan saja. Namun, ada pengakuan dari mereka untuk merusak teralis menggunakan alatnya.


Baca Juga : 3 Warga Binaan Rutan Wates yang Kabur Ditangkap, 2 Masih Buron

Polisi saat ini masih menunggu laporan dari pihak Rutan Wates terkait perusakan fasilitas di rutan yang merupakan aset negara. Jika memang nanti ada laporan, sangat dimungkinkan mereka bisa dikenai pasal pidana.

“Kalau unsurnya masuk, perusakan. Namun, kita masih menunggu laporan,” tuturnya.


Baca Juga : Tertangkap di Kebumen, Napi Rutan Wates yang Kabur Dijebloskan ke Sel Isolasi

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini