Rekaman Lensa 70 Tahun Hubungan Indonesia-AS Ditampilkan Melalui Pameran Foto Jurnalistik

Rahman Asmardika, Okezone · Selasa 05 November 2019 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 05 18 2126014 kedubes-as-tampilkan-rekaman-lensa-70-tahun-hubungan-indonesia-as-melalui-pameran-foto-VmGXcbgRnq.jpeg Dubes AS Joseph R Donovan Jr. (ki) membuka pameran foto Capturing US-Indonesia Relationship through a Journalistic Lens 1949-2019 di Jakarta. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Memperingati 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dengan Amerika Serikat (AS), Kedutaan Besar AS Jakarta bekerja sama dengan kantor berita Antara menggelar pameran foto jurnalisme bertajuk “Capturing U.S.-Indonesia Relations through a Journalistic Lens (1949-2019)”, yang menampilkan foto-foto yang menangkap momen-momen penting hubungan diplomatik kedua negara. Pameran foto ini diadakan di Lantai 4 Perpustakaan Nasional Indonesia, Jalan Medan Merdeka Selatan Jakarta, dari 5 November sampai 10 November 2019.

BACA JUGA: Peringati 70 Tahun Hubungan Diplomatik, Indonesia-AS Luncurkan Prangko Peringatan Khusus

“Pameran ini menampilkan 70 foto hebat dari arsip Antara, yang memiliki arti penting karena ini adalah peringatan 70 tahun hubungan kita (AS-Indonesia). Tahun ini adalah perayaan dan kesempatan untuk menyatukan rakyat kita untuk merefleksikan nilai-nilai demokrasi, keberagaman, toleransi, dan pentingnya nilai-nilai bersama mengenai kebebasan pers,” kata Duta Besar AS untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr. dalam pidatonya, Selasa (5/11/2019).

Di antara foto-foto yang ditampilkan terdapat momen perundingan Perjanjian Renville, sebuah perjanjian penting dalam sejarah bangsa Indonesia yang diadakan di atas kapal perang AS, USS Renville pada 1948. Foto lain menampilkan Presiden Soekarno berjabat tangan dengan Presiden AS Dwight Eisenhower dalam kunjungannya ke AS pada 1956.

BACA JUGA: Rayakan 70 Tahun Hubungan Indonesia-AS, ISF 2019 Angkat Tema "Seventybration"

“Saya harap pameran foto ini menunjukkan hubungan Indonesia dengan Amerika Serikat yang multifaset, yang bertahan lama dan berkelanjutan,” ujar Dubes Donovan dalam wawancara dengan wartawan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini