nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Heboh Gunung Semeru Diselimuti Awan Mirip Topi Caping, Begini Faktanya

Avirista Midaada, Okezone · Kamis 07 November 2019 16:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 07 519 2126963 heboh-gunung-semeru-diselimuti-awan-mirip-topi-caping-begini-faktanya-BXpaJnAHmh.jpg Gunung Semeru Diselimuti Awan Mirip Topi Caping (foto: PVMBG)

MALANG - Fenomena segumpalan awan yang menutupi puncak Gunung Semeru mirip topi caping kembali terjadi, pada Kamis (7/11/2019).

Fenomena alam yang menyelimuti gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa ini diabadikan sejumlah masyarakat. Bahkan oleh warga disebarkan melalui media sosial Facebook salah satunya melalui akun Mia Ojob Helos.

Baca Juga: Pendakian ke Gunung Semeru Ditutup Total Imbas Kebakaran di Ranu Kumbolo 

Gunung Semeru Diselimuti Awan Mirip Topi Caping (foto: PVMBG)

"Kuasa Allah Semeru bertopi lagi lord. Semoga tidak terjadi apa-apa," tulisnya pada Kamis 7 November 2019.

Sementara Humas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Syarif Hidayat mengatakan, fenomena awan membentuk topi caping tersebut, merupakan kejadian alam yang lumrah.

"Itu fenomena alam biasa mas. Itu adalah fenomena awan lenticular yang terbentuk dari hasil pergerakan angin yang menabrak dinding penghalang besar seperti pegunungan atau perbukitan sehingga menimbulkan pusaran di puncak seperti topi caping," ujar Syarif.

Baca Juga: Gunung Semeru Erupsi, Semburkan Kolom Abu Setinggi 4.276 Meter 

Gunung Semeru Diselimuti Awan Mirip Topi Caping (foto: PVMBG)

Syarif mengatakan, fenomena awan lenticular tersebut pernah terjadi pada Desember 2018, lalu. Saat itu Gunung Semeru juga membentuk seperti layaknya caping yang menarik warga.

Sejumlah warga sempat mengaitkan fenomena alam ini dengan beberapa kejadian yang ada di Indonesia. Namun BNPB memastikan fenomena alam yang menyelimuti gunung merupakan hal biasa terjadi.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini