nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ratusan Ribu Orang Hadiri Parade Penobatan Kaisar Naruhito di Tokyo

Rahman Asmardika, Jurnalis · Minggu 10 November 2019 19:19 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 10 18 2128069 ratusan-ribu-orang-hadiri-parade-penobatan-kaisar-naruhito-di-tokyo-flGBIm1Es6.jpg Foto: Reuters.

TOKYO - Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako berkendara melalui pusat Kota Tokyo pada Minggu dalam iring-iringan pawai menandai suksesi kekaisaran tahun ini. Mereka disambut para simpatisan dan warga yang melambaikan bendera nasional dan mengangkat ponsel untuk mengambil foto pasangan kerajaan yang melambaikan tangan dan tersenyum.

Kaisar Naruhito, 59 tahun, naik takhta pada Mei setelah ayahnya, Akihito, menjadi kaisar Jepang pertama yang turun tahta dalam dua abad terakhir.

BACA JUGA: Kaisar Jepang Naruhito Resmi Umumkan Naik Takhta

Parade ini awalnya direncakan berlangsung pada 22 Oktober, ketika kaisar secara resmi menyatakan penobatannya di hadapan para pejabat tinggi dari sekitar 190 negara, namun ditunda karena Jepang masih bergulat dengan dampak dari topan dahsyat yang melanda negara itu.

Di bawah cuaca yang cerah, Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako, mantan diplomat berpendidikan Harvard, melambaikan tangan dari limusin Toyota Century terbuka, yang melaju melalui jalan-jalan yang dipenuhi penonton dan polisi.

Kaisar mengenakan jas berekor dan Permaisuri Masako mengenakan gaun putih dan tiara yang berkilau di bawah sinar matahari. Pakaian keduanya sangat kontras dari upacara penobatan bulan lalu, di mana keduanya mengenakan jubah tradisional.

Foto: Reuters.

Permaisuri Masako tampak terharu dengan sambutan yang mereka terima. Media Jepang melaporkan dia tampaknya menghapus air mata emosional selama perjalanan sepanjang 4,6 kilometer itu.

Puluhan ribu penonton dari seluruh penjuru negeri berkumpul di sepanjang rute, yang dipenuhi banyak barisan dengan para pendukung yang bersorak dan melambaikan bendera. Laporan NHK mengatakan bahwa pemerintah memperkirakan sekira 119.000 orang hadir melihat parade itu.

Beberapa bahkan telah mengantre sejak Sabtu untuk mendapatkan posisi yang paling baik untuk menonton.

"Untuk menyaksikan momen bersejarah ini dengan mata kepala sendiri dan untuk melihat senyum kaisar dan permaisuri, saya ingin berada di depan," kata Hiyori Okazaki, yang mengantre dari Sabtu malam di depan Istana Kekaisaran sebagaimana dilansir Reuters, Minggu (10/11/2019).

"Aku tidak bisa menunggu begitu datang tadi malam."

Toshiko Ito, yang mengunjungi Tokyo bersama suaminya untuk menyaksikan prosesi tersebut, mengatakan dia senang melihat pasangan itu.

"Emosi berkumpul dan saya sangat senang hingga saya hampir menangis," katanya.

BACA JUGA: Penobatan Kaisar Jepang Dikritik Terkait Penggunaan Jutaan Dolar Dana Publik

Dengan band memainkan musik perayaan, iring-iringan mobil sepanjang 400 meter dari 46 kendaraan, termasuk mobil yang membawa termasuk Pangeran Mahkota Akishino, Putri Mahkota Kiko dan Perdana Menteri Shinzo Abe, bergerak perlahan melalui jalan-jalan Tokyo.

Sekira 16,1 miliar yen (sekira Rp2 triliun) telah dialokasikan untuk upacara terkait suksesi sepanjang tahun, termasuk parade Minggu. Angka itu naik 30 persen dari biaya suksesi mantan Kaisar Akihito tiga dekade lalu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini