nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Topan Bulbul Tewaskan Sedikitnya 13 Orang di India dan Bangladesh

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 11 November 2019 13:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 11 18 2128300 topan-bulbul-tewaskan-sedikitnya-13-orang-di-india-dan-bangladesh-7Xkbxl2rK2.jpg Foto: AFP.

DHAKA - Topan Bulbul telah melanda wilayah pesisir Bangladesh dan India, menewaskan sedikitnya 13 orang. Sementara itu lebih dari dua juta orang lainnya terpaksa menghabiskan malam di tempat penampungan akibat terjangan badai.

Badai Bulbul membawa angin dengan kecepatan hingga 120km/jam, melukai puluhan korban dan menghancurkan ribuan rumah.

Menteri manajemen bencana India mengatakan bahwa tujuh orang tewas di Negara Bagian Benggala Barat, India akibat topan. Di Bangladesh, lima dari enam korban tewas akibat tertimpa pohon yang tumbang.

BACA JUGA: Antisipasi Terjangan Topan Bulbul, Lebih dari 1,8 Juta Orang di Bangladesh Dievakuasi

Seorang pejabat di Distrik Bhola Bangladesh mengatakan bahwa ada kekhawatiran yang meningkat setelah dua kapal penangkap ikan yang membawa lebih dari 30 orang gagal kembali ke pelabuhan.

Sementara seorang pejabat lain mengatakan kepada Reuters bahwa sekira 1.200 turis, sebagian besar dari mereka warga Bangladesh, terjebak di Pulau St Martin, bagian dari distrik Bazar Cox.

Foto: EPA.

"Mereka semua akan diselamatkan," katanya sebagaimana dilansir BBC.

Layanan di banyak pelabuhan laut dan bandara di wilayah itu juga ditangguhkan - termasuk bandara Kolkata yang sibuk. Dua pelabuhan terbesar Bangladesh, Mongla dan Chittagong, ditutup dan penerbangan ke bandara Chittagong dihentikan.

Pantai dataran rendah Bangladesh sering dilanda topan yang mematikan, tetapi negara itu telah berhasil mengurangi jumlah korban dalam beberapa tahun terakhir.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini