nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Venesia Banjir, Italia Dilanda Pasang Tertinggi Dalam 50 Tahun

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 13 November 2019 18:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 13 18 2129395 venesia-banjir-italia-dilanda-pasang-tertinggi-dalam-50-tahun-GBNvym8Amx.jpg Seorang melintasi banjir di Venesia. (Foto/Reuters)

VENESIA - Sebagian kota Venesia di Italia terendam banjir imbas gelombang pasang tertinggi dalam lebih dari 50 tahun.

Ketinggian banjir mencapai 1,87 meter, menurut pusat pemantauan pasang surut melansir BBC, Rabu (13/11/2019). Sebelumnya ombak yang lebih tinggi, mencapai 1,94 m pada tahun 1966.

Gambar menunjukkan lokasi wisata di kota Venesia terendam banjir, sementara orang-orang mengarungi jalan-jalan yang banjir.

Salah satunya yang terendam parah yakni St Mark's Square. Basilika Santo Markus banjir untuk keenam kalinya dalam 1.200 tahun, menurut catatan.

Foto/AFP

Pierpaolo Campostrini, seorang anggota dewan St Markus, mengatakan banjir itu terjadi dalam 20 tahun terakhir.

"Kami saat ini menghadapi gelombang pasang yang luar biasa. Semua orang telah dimobilisasi untuk mengatasi keadaan darurat," cuit wali kota Venice Luigi Brugnaro.

Layanan darurat dikerahkan ke kanal untuk mengecek kerusakan. Media Italia melaporkan bahwa seorang pria berusia 78 tahun disetrum saat air mengalir ke rumahnya.

Penjaga pantai menyiagakan kapal ekstra yang berfungsi sebagai ambulans air.

Meja dan kursi disiapkan untuk minuman beralkohol yang meliuk-liuk di sepanjang lorong-lorong dalam kegelapan, ketika penduduk lokal dan turis sama-sama mengarungi jalan-jalan.

Taksi-taksi air yang mencoba mengantar orang-orang ke hotel-hotel yang glamor dan bersejarah di sepanjang Grand Canal mendapati gang-gang sudah terendam banjir, membuat mereka membantu penumpang memanjat melalui jendela.

"Ini akan menjadi malam yang panjang," kata Brugnaro, menambahkan ketika permukaan air mulai turun nilai kerusakan baru bisa ditaksir.

Dia mengatakan akan mengumumkan keadaan bencana bagi kota itu.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini