nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Helikopter Jatuh saat Padamkan Kebakaran Hutan Australia

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 13 November 2019 21:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 13 18 2129521 helikopter-jatuh-saat-padamkan-kebakaran-hutan-australia-H49X01zy4A.jpg Helikopter jatuh saat padamkan kebakaran hutan di Queensland, Australia. (Foto/NZ Herald)

SYDNEY – Sebuah helikopter jatuh ketika digunakan untuk memadamkan kebakaran hutan di negara bagian Queensland, Australia, Rabu (13/11/2019), kata seorang petugas pemadam kebakaran melansir AFP.

"Helikopter itu jatuh saat operasi waterbombing (bom air) di kebakaran Pechey hari ini," kata juru bicara Layanan Kebakaran dan Darurat Queensland kepada AFP.

Helikopter penyelamat dikirim ke tempat kejadian dan pilot dirawat karena cedera ringan, kata juru bicara Layanan Ambulans Queensland.

"Kami membawa satu laki-laki dengan luka yang tidak mengancam jiwa ke Rumah Sakit Toowoomba," kata juru bicara itu, menambahkan kondisi pilot dalam kondisi sehat.

Baca juga: Kebakaran Hutan Australia, WNI Diimbau Tingkatkan Kewaspadaan

Baca juga: Catatan Pemadam Kebakaran Hutan Australia: Kami Utang Susu

Para pejabat Australia memerintahkan orang-orang di beberapa lingkungan, termasuk tujuan wisata utama, untuk segera dievakuasi. Sementara petugas pemadam kebakaran terus berjuang untuk memadamkan api yang menyebar di sepanjang pantai timur negara itu.

Perubahan cuaca yang dingin dalam semalam memberikan bantuan bagi petugas pemadam kebakaran di negara bagian New South Wales (NSW).

Pihak berwenang mengeluarkan peringatan "segera pergi", tingkat tertinggi, untuk beberapa daerah termasuk Noosa, tujuan liburan tepi pantai yang populer 150 km selatan Brisbane, ibu kota negara bagian Queensland.

"Kondisinya sekarang sangat berbahaya dan petugas pemadam kebakaran mungkin tidak dapat mencegah kebakaran yang berkepanjangan," kata Layanan Kebakaran dan Darurat Queensland (QFES) dalam peringatan darurat. "Api dapat menimbulkan ancaman bagi semua kehidupan langsung di jalurnya."

QFES telah mengirim pesawat waterbombing untuk mencoba membantu mengendalikan kebakaran

Kebakaran hutan merupakan ancaman umum dan mematikan di musim panas yang kering dan panas di Australia, tetapi keganasan dan kedatangan awal wabah tahun ini telah mengejutkan banyak orang. Kebakaran sejauh ini telah merenggut tiga nyawa dan menghancurkan sekitar 2,5 juta hektare lahan pertanian dan semak.

Api semakin meluas dipicu kondisi cuaca yang sangat kering setelah tiga tahun jarang hujan di bagian NSW dan Queensland, yang menurut para ahli telah diperburuk oleh perubahan iklim.

(fzy)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini