nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Australia Kaji Bantuan ke Indonesia

ABC News, Jurnalis · Selasa 19 November 2019 20:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 19 18 2131928 australia-kaji-bantuan-ke-indonesia-T5i5IMEwpO.jpg PM Australia Scott Morrison dan Presiden Joko Widodo. (Foto/ABC Australia)

CANBERRA - Pemerintah Australia mengkaji bantuan luar negeri yang diberikan kepada berbagai negara termasuk Indonesia.

Walau AUD2,5 miliar (sekitar Rp4 triliun) tidak disetujui, pemerintah Australia akan mengkaji lagi negara-negara mana saja yang masih membutuhkan bantuan tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Pembangunan Internasional dan Pasifik Alex Hawke dalam wawancara yang dikirimkan dalam podcast Good Will Hunters.

"Saya kira kami sudah memulai pembicaraan tentang program bantuan asing, apa pun yang membantah, rencana yang sudah ada, dan kebutuhan untuk meminta bantuan," kata Hawke melansir ABC Australia, Selasa (19/11/2019).

Baca juga: Sydney Diselimuti Kabut Asap Dampak Kebakaran Hutan, Warga Diminta Tinggal di Rumah

Baca juga: Kisah Perempuan 92 Tahun Jahit 20 Ribu Baju untuk Anak-Anak

Kajian sebelumnya mengenai bantuan asing yang dilakukan Australia pada tahun 2013.

"Dan tentu saja situasinya sudah sangat berubah dalam enam tahun terakhir, dan pemerintah sangat sadar dengan hal tersebut." kata Hawke.

Pegiat bantuan asing sudah lama melakukan lobi agar pemerintah melakukan kajian.

Salah seorang pegiat tersebut Tim Costello mengatakan bantuan terhadap negara-negara Asia seperti Indonesia dan Vietnam yang lebih kaya dibandingkan sebelumnya harus dikaji kembali.

"Kenyataan yang kita lihat adalah negara seperti Indonesia dan Vietnam yang selama ini mendapat bantuan Australia, sudah lebih makmur dari sebelumnya," kata Costello.

Namun Costello juga menyambut bantuan terhadap negara tetangga seperti Indonesia.

"Program bantuan bukan hanya untuk negara yang betul-betul diminta, namun juga sebagai langkah sttrategis. Indonesia adalah mitra strategis," kata Costello lagi.

Indonesia telah menjadi negara dengan dana terbesar di Asia Tenggara namun masih mendapat bantuan dari Australia.

Di tahun anggaran sekarang, Indonesia mendapatkan bantuan AUD 256 juta dari Australia, lebih besar dari negara Asia Tenggara lainnya, sedangkan Indonesia sudah masuk dalam 20 negara dengan ekonomi terbesar di dunia.

Kajian tentang bantuan yang diharapkan akan berlangsung selama beberapa bulan.

Walau Australia mengeluarkan sekitar AUD4 miliar untuk bantuan asing, namun mengeluarkan ini 0,2 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB), angka yang lebih rendah dari negara-negara maju lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini